Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di SMPN 8 Kediri

ARUM ARIANTI - Nama Orang;

Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) banyak anak yang belum bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar yang sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf. Program Fullday School Yg menjadi alasan bagi anak anak untuk tidak mengikuti kegiatan mengaji. Sebuah Lembaga Pendidikan yang formal menginginkan lulusan dari lembaga tersebut bisa mengaji dengan baik dan benar, yang sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an di SMPN 8 Kediri, penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an di SMPN 8 Kediri dan Implikasi atau hasil Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di SMPN 8 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januan sampai Juli 2020.

Jenis Penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan kesalahan data menggunakan triangulasi, triangulasi terbagi menjadi tiga tahapan yaitu triangulasi sumber, teknik (metode) dan waktu. Sedangkan untuk analisisnya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an ada 3 yaitu pengurangan jadwal pembelajaran, membuat jadwal metode ummi dan prosedur siswa sebelum menerapkan menerapkan metode ummi 2) Pelaksanaan metode dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan menggunakan tahapan. Tahapan yang harus dilalui ada 7. yaitu apresepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan juga penutup. di Hari Selasa dan Kamis yang setiap sesi berlangsung selama 80 menit 3) Implikasi atau Hasil dari penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an mengalami peningkatan yang baik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak Koleksi Skripsi) KS PAI-20 011
2021011
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-20 011
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xix, 110 hlm, 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
932120516
Klasifikasi
KS PAI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1, cet. 1
Subjek
kemampuan membaca al-Qur'an
Metode Ummi
Info Detail Spesifik
A
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?