Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Jual Beli Item Game Online DOTA dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pemain Game Online DotA di Magnum Game Center Desa Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri)

RETNO SULISTIYANI - Nama Orang;

Jual beli merupakan transaksi tukar menukar uang dengan barang berdasarkan suka sama suka menurut syarat dan ketentuan syari'at. Dalam jual beli item game online DotA terdapat permasalahan adanya penipuan dan kecurangan pada transaksi jual beli yang merugikan salah satu pihak dari penjual maupun pembeli saat bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi jual beli item game online DotA dalam perspektif etika bisnis Islam. Secara rinci, untuk mengetahui implementasi jual beli item game online DotA dari transaksi, serta mengetahui jual beli item game online DotA dalam perspektif etika bisnis Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research) dan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu pemain game online DotA di warnet magnum game center. Dalam penelitian ini terdapat dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan metode observasi dan wawancara. Sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen, buku, dan catatan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa transaksi jual beli item game online DotA dilakukan secara online dengan tiga cara transaksi yaitu melalui market steam, middle man, dan trade antar pemain. Dengan sistem pembayaran melalui transfer maupun cash on delivery, transaksi tersebut sama dengan transaksi jual beli online lainnya, yang membedakan adalah dalam jual beli item game online DotA ini merupakan benda virtual. Dalam prakteknya, transaksi jual beli item game online DotA belum sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis Islam. Sebab masih ada salah satu pihak baik penjual maupun pembeli yang melakukan kecurangan berupa pembeli tidak membayar ketika item sudah dikirim, penjual tidak mengirim item ketika pembeli sudah membayar, pembeli mengirim bukti transfer yang palsu, penjual mengirim item yang tidak sesuai dengan pesanan dan setelah itu lari dari tanggung jawab. Kecurangan-kecurangan tersebut tentu tidak sesuai dengan prinsip ketauhidan, keseimbangan keadilan, kebenaran, kehendak bebas, dan tanggung jawab karena adanya salah satu pihak yang menguntungkan diri sendiri sehingga merugikan pihak lain.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS ES-19 071
1941071
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS ES-19 071
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 83 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
931335515
Klasifikasi
KS ES-19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Jual beli
Etika bisnis islam
Game Online DotA
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?