Text
SELF-CONTROL PADA GURU PENDAMPING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (GPK) (STUDI KASUS DI SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI)
Salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan inklusif adalah adanya tenaga pendidik atau guru profesional dalam bidangnya masing-masing untuk membina dan mengayomi anak berkebutuhan khusus. Setiap peserta didik berkebutuhan khusus yang mengikuti sekoah inklusi tidak terlepas dari peran seorang guru pendamping. Dimana guru pendamping harus memiliki sikap yang lebih baik selama mendampingi anak berkebutuhan khusus, seperti pada kontrol dirinya. Kontrol diri diartikan sebagai usaha untuk mengendalikan tingkah laku yang sesuai dengan yang diinginkan oleh dirinya sendiri maupun lingkungan yang ditempatinya dengan cara melkukan pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu untuk bertindak. Hal ini sangat diperlukan oleh guru pendamping khusus (GPK). Karena kemampuan mengendalikan diri dapat meningkatkan pendampingan yang lebih optimal kepada anak berkebutuhan khusus (ABK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui self-control dan faktor-faktor yang mempengaruhi self-control pada guru pendamping anak berkebutuhan khusus (GPK) di SD Plus Rahmat Kota Kediri.
Tidak tersedia versi lain