Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Studi Komparasi Kemampuan Menghafal al- Qur’an Antara Siswa Lulusan MTs Dan SMP Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Babat-Lamongan

SHOHAA ARIFIA IRSYADA - Nama Orang;

Penelitian ini dilaksanakan karena di zaman sekarang ini sudah banyak lembagalembaga atau instansi pendidikan umum baik lembaga Pendidikan Negeri dan lembaga
swasta yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz. SMA Muhammadiyah 1 Babat
adalah salah satu dari lembaga formal yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz sebagai
wadah peserta didik agar menjadi penghafal al-Qur’an. Disini para siswa ditargetkan
minimal menghafal 1 juz al-Qur’an yaitu juz 30. Di SMA Muhammadiyah 1 Babat sendiri
terdiri dari siswa yang berlatar belakang daerah maupun latar belakang sekolah yang
berbeda-beda. Ada yang dari SMP dan MTs. Tentunya kemampuan menghafal setiap
siswa berbeda-beda ada yang cepat menghafal ada yang lama sekali menghafal meskipun
hanya satu surat atau bahkan satu ayat. Oleh karena itu disini peneliti akan meneliti
komparasi kemampuan menghafal antara siswa lulusan MTs dan SMP di SMA
Muhammadiyah 1 Babat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah
komparasi (membandingkan), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan
atau tidak dalam kemampuan menghafal al-Qur’an antara lulusan MTs dan SMP.
Populasisekaligus dijadikan sampel sejumlah 153 siswa kelas X di SMA Muhammadiyah
1 Babat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t-test independent. Yang
dimulai dengan menguji homogenitas untuk menentukan rumus yang digunakan,
kemudian dihitung rumus Pollad varians
Kesimpulan dari skripsi ini adalah: 1) Kemampuan menghafal al-Qur’an siswa
lulusan MTs dan SMP tergolong cukup. Hal ini terlihat pada perolehan rata-rata nilai
yaitu 81,84 dan juga 80,13. 2) Tidak ada perbedaan dalam kemampuan menghafal alQur’an antara siswa lulusan MTs dan SMP. Berdasarkan hasil analisis perhitungan
statistic melalui rumus Polled Varians t-test diperoleh t=0,86 dan dikonsultasikan pada t
tabel yaitu taraf kesalahan 5% (1,976).


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (R. Koleksi Skripsi) KS PAI-18 490
1821490
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-18 490
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 62 hlm.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
932143814
Klasifikasi
KS PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subjek
Kemampuan Menghafal al-Qur’an
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?