Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengembangan Budaya Religius Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 7 Kota Kediri

SITI MASITHOH - Nama Orang;

ategi dalam meningkatkan IMTAQ siswa serta membentengi diri peserta
didik terhadap budaya yang menjauhkan dari agama Islam. Selain melalui proses
pembelajaran di dalam kelas, peserta didik juga membutuhkan pendidikan
tentang nilai-nilai religius di luar kelas untuk membentuk sikap dan mental
mereka.
Penelitian ini berfokus pada 1. Bagaimana pelaksanaan budaya religius di
SMA Negeri 7 Kediri? 2. Bagaimana dampak pelaksanaan budaya religius
terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 7 Kediri? Penelitian ini menggunaan
pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data
deskripstif dan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Teknik
pengumpulan dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu: dalam pelaksanaannya, siswa menerapkan
kegiatan keislaman dalam kegiatan sehari-hari dalam berbagai aspek, yaitu: 1.
aspek ritual (ibadah mahdloh), seperti mengerjakan shalat Dhuha, Dhuhur dan
Ashar berjamaah serta membaca Al-quran dan kalimah tayyibah. 2. aspek sosial
(ibadah ghairu mahdloh/akhlak) yaitu membiasakan perilaku 6S: senyum, sapa,
salam, salim, sopan dan santun, penyaluran zakat fitrah maupun melakukan bakti
sosial. 3. aspek keyakinan (tauhid) yaitu memperingati hari besar Islam maupun
memperingati hari tertentu dengan kegiatan keislaman. Dalam hal ini, guru
sebagai penggerak utama, pembina, pendamping maupun pengawas. Evaluasi
yang dilakukan oleh pembina (guru PAI) melibatkan dokumen-dokumen sebagai
media utama melihat perkembangan siswa. misalnya, melalui foto, video atau
pengamatan langsung sehingga guru sebagai pembina (dalam hal ini guru PAI)
mampu memberikan solusi untuk kearah depannya. Adapun dampak
pelaksanaan budaya religius bagi peserta didik yang ada di SMAN 7 Kota Kediri
terhadap perilaku siswa yaitu: 1. Perilaku Agamis. 2. Perilaku Disiplin. (3)
Perilaku Peduli Sosial.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (R. Koleksi Skripsi) KS PAI-18 449
1821449
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-18 449
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xvi, 96 hlm.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
932122914
Klasifikasi
KS PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subjek
Peserta Didik
Budaya Religius
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?