Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KUNJANG KEDIRI

NAILY KAMILIA - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari penulis tertarik pada
upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa karena masih
rendahnya minat belajar PAI pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kunjang,
dikarenakan mata pelajaran PAI dianggap sepele dan mengakibatkan siswa
kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis 1) Bagaimana keaktifan belajar siswa
kelas VII dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kunjang? 2) Bagaimana
upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode
index card match di SMPN 1 Kunjang? 3) Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan metode index card match dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa di SMPN 1 Kunjang?
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci dan sebagai alat pengumpulan
data. Sumber data diperoleh dari Kepala sekolah, guru, dan siswa. Prosedur
pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan siswa kelas VII
di SMPN 1 kunjang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran
terlihat dari siswa kurang berani bertanya dan menyampaikan pendapat, ketika
proses pembelajaran berlangsung. 2) Upaya yang guru lakukan untuk
meningkatkan keaktifan siswa adalah memberikan penugasan dan
menerapkan media ketika pembelajaran, media yang digunakan yaitu index
card match. 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode ini adalah
menjadikan siswa lebih bergairah dalam mengikuti pelajaran dan menjadikan
siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran. Sedangkan hambatan yang
dialami oleh guru ketika penerapan metode ini adalah siswa menjadi gaduh
dan ramai sendiri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (R. Koleksi Skripsi) KS PAI-18 432
1821432
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-18 432
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 108 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
932122414
Klasifikasi
KS PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Keaktifan belajar
metode index card match
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?