Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN KEDIRI

CARIMA DWI SEVTIANI - Nama Orang;

ariasi metode mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti
pembelajaran, serta metode yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga
mahasiswa menjadi bosan. Untuk mengatahui pengaruh variasi metode mengajar
dan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang
akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah
metode mengajar dosen di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?, 2)
bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN
Kediri dan 3) adakah pengaruh variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi
belajar mahasiswa jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui
angket/kuesioner serta dokumentasi. Responden penelitian terdiri atas 270 orang
mahasiswa PAI angkatan 2015, 2016, dan 2017. Analisis data diawali dengan
tabulasi data, uji keterbacaan, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, kemudian
dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang berisi uji F, analisis regresi linier
sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil variasi metode
mengajar dosen 26,81 dengan standar devisiasi sebesar 3,469 yang mana dalam
pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 27-32
(Baik), 2) Rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 24,00 dengan standar
devisiasinya sebesar 3,193 yang mana dalam pengkategorian true score nilai
tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 20-25 (Cukup) dan 3) Variasi metode
mengajar dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan
Tarbiyah Prodi PAI sebesar 2,1% dan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lain
diluar faktor yang diteliti


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-18 410
1821410
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-18 410
Penerbit
IAIN Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xvii, 85 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Motivasi belajar
Variasi metode mengajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?