Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Keteladanan Dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak pada Siswa Tunagrahita di SMPLB Negeri Tuban
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Keteladanan Dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak pada Siswa Tunagrahita di SMPLB Negeri Tuban

ZAINUN USWATUN SHOFWAH - Nama Orang;

Tujuan tertinggi pendidikan Islam adalah mendidik manusia supaya
berkepribadian dan berakhlak mulia. Pendidikan akhlak merupakan hak semua
siswa, baik normal maupun siswa dengan kebutuhan khusus seperti tunagrahita.
Metode yang dinilai paling efektif dalam menanamkan nilai akhlak adalah
keteladanan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan metode
keteladanan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak bagi siswa tunagrahita di
SMPLB Negeri Tuban serta faktor pendukung dan pengahambatnya.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan metode kualitatif
deskribtif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang
selanjutnya dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi,
meningkatkan ketekunan serta diskusi dengan teman sejawat.
Penerapan Metode Keteladanan dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak
bagi Siswa Tunagrahita di SMPLB Negeri Tuban dilakukan meliputi 3 hal yaitu:
(1) keteladanan dalam hal beribadah melalui pelaksanaan sholat berjamaah,
berdoa di awal dan akhir pelajaran, (2) keteladanan bertutur kata yang baik
melalui kewajiban berbahasa Indonesia ketika berbicara kepada guru maupun
sesama teman, dan (3) keteladanan bertingkah laku yang baik. Faktor pendukung
dalam penerapan metode ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana serta
adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Adapun faktor
penghambatnya antara lain lemahnya kecerdasan siswa, serta kurangnya
dukungan dari lingkungan keluarga dan lingkungan sosial.
Hasil dari penerapan metode keteladanan dalam menanamkan nilai-nilai
akhlak pada siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Tuban adalah adanya perubahan
akhlak yang positif pada diri siswa baik dalam hal ibadah, tingkah laku maupun
bertuturkata.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-18 392
1821392
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-18 392
Penerbit
IAIN Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 67 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Metode keteladanan
Nilai-nilai akhlak
Siswa tungrahita
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Skripsi Mhs. S1
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?