Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN MENARI DI SLB DHARMA WANITA GROGOL KEDIRI

WAHYU NOVERAHELA - Nama Orang;

Anak normal yang memiliki kemampuan mendengar, belajar seni tari mungkin tidak sesulit anak tunarungu, sebab menari identik dengan gerakan dan irama. Masalah ini akan bertambah jelas apabila saat proses kegiatan menari, anak tidak dapat mendengarkan suara irama sedangkan anak harus menyelaraskan irama dan gerak dengan tepat. Hal tersebut berbeda ketika peneliti melihat siswa penyandang tunarungu dari SLB Dharma Wanita Grogol Kediri menari dengan gerakan yang luwes, penuh percaya diri dan tanpa terlihat adanya hambatan dari keterbatasan yang mereka miliki. Sehingga dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses menumbuhkan kepercayaan diri siswa tunarungu saat menari serta faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa tunarungu melalui kegiatan menari di SLB Dharma Wanita Grogol Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian fenomenologi dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Peneliti mengambil subyek sebanyak 4 siswa tunarungu yang menjadi pemandu kegiatan menari.
Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan dalam proses menumbuhkan kepercayaan diri siswa tunarungu. Namun dapat ditarik kesimpulan bahwa proses menumbuhkan kepercayaan diri menari berawal dari keyakinan terhadap kemampuan diri dibidang menari sehingga menimbulkan sikap optimis, obyektif terhadap lingkungan, bertanggung jawab serta memiliki pemikiran yang rasionalis dan mampu bertindak realistis terhadap tugas menari yang dijalaninya. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa tunarungu melalui kegiatan menari terdiri dari konsep diri, harga diri, pengalaman masa lalu dan pendidikan yang dimiliki.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS / PSI-18 / 002
1813002
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS / PSI-18 / 002
Penerbit
IAIN Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xviii, 150 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PSI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Tunarungu
Kepercayaan Diri
Menari
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?