Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi K-13 Pada Mata Pelajaran PAI Dengan Menggunakan Metode Variatif (Studi kasus untuk meningkatkan minat siswa di SMAN 1 Nganjuk)

Ngafif Rohmatul Umah - Nama Orang;

Sekolah Menengah Atas Negeri I Nganjuk adalah lembaga pendidikan formal untuk mendalami ilmu umum dan juga ilmu agama. Salah satu ilmu agama yang dikemas dalam sebutan PAI yang meliputi: al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqh dan Bahasa Arab. Dalam pembelajaran PAI, dapat dilaksanakan dengan metode belajar yang bervariasi, hal ini dikarenakan belajar PAI bukanlah halsederhana yang hanya sekedar mengetahui huruf-huruf Arab, hukum-hukum dalam fiqh ataupun sejarah singkat dari para Nabi, akan tetapi juga harus mengenalkan segala aspek yang terkait dengannya, seperti hidup bermasyarakat, cara mendalami aspek al-Qur’an dsb. Dengan demikian, PAI dapat dipelajari sebagaimana semestinya, yakni sesuai dengan kaidah dan aturan-aturan yang berlaku. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana variasi metode yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Nganjuk? 2) Bagaimana (respon siswa) melalui penerapan metode tersebut terhadap minat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Nganjuk? 3) Bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi siswanya pada penerapan metode variasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Nganjuk? sedangkan tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode bervariasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Nganjuk, 2) Untuk mengetahui respon siswa melalui penerapan metode tersebut terhadap minat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Nganjuk, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menghadapi siswanya pada penerapan metode bervariasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci dan sebagai alat pengumpul data. Sumber data diperoleh dari seluruh guru PAI, dan siswa-siswi. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, minyimpulkand an memverifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap sebelum kelapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahapa nalisis data, dan tahap penulisan laporan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) pembelajaran PAI di SMAN I Nganjuk dilaksanakan dengan metode yang bervariatif, yaitu metode ceramah, Metode Index card match, Iformation Search, Drill, Dan Kuis. 2) Respon siswa setelah diterapkannya metode variasi terhadap minat adalah Senang dan antusias, metode yang diterapkan selalu berbeda sehingga membuat siswa selalu menanti-nanti metode apalagi yang akan digunakan pada pertemuan selanjutnya, Konsentrasi, Berfikir cepat, Belajar dengan sungguh-sungguh. 3) Faktor pendukung guru dalam menghadapi siswanya pada penerapan metode variasi adalah Internet non-stop, HP, lengkapnya sarana prasarana, Siswa yang cerdas, aktif,dan dinamis. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menghadapi siswanya pada penerapan metode variasi adalah Guru mengulang-ngulang langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan akibatnya banyak siswa yang merasa bosan dan bingung, Akibat pengelolaan kelas yang kurang baik, setelah selesai mengerjakan tugas individu atau kelompok siswa tidak kondusif.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-17 073
1721073
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-17 073
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2017
Deskripsi Fisik
xi, 80 hlm.: 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ngafif Rohmatul Umah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?