Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Pengembangan Kemandirian dalam Ibadah melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunanetra (Studi Kasus di Kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo)

Fajarul Kholidah - Nama Orang;

Tunanetra merupakan kondisi ketidakmampuan atau kekurangan fungsi penglihatan. Anak tunanetra memiliki indra lain yang dapat dikembangkan dengan baik. Kemandirian dalam ibadah siswa tunanetra merupakan keniscayaan yang harus segera ditumbuhkembangkan agar mampu diterapkan secara sempurna sejak dini. SLB ‘Aisyiyah Ponorogo merupakan salah satu sekolah di Jawa Timur yang mengakomodasi pendidikan bagi anak tunanetra. SLB ini dilengkapi panti asuhan tunanetra terpadu di dalamnya yang berfungsi sebagai tempat tinggal siswa SLB sekaligus tempat pengembangan kemandirian ibadah siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti upaya pengembangan kemandirian dalam ibadah siswa tunanetra melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB ‘Aisyiyah Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan selanjutnya menganalisis seluruh data yang diperoleh dari lapangan. Tahap akhir pada penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam proses penelitian.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo menekankan pada indikator dan tujuan pembelajaran yaitu kemampuan siswa mempraktekkan materi secara mandiri dengan metode dan media pembelajaran menggunakan media audio dan braille, 2) Pelaksanaan pembelajaran agama Islam di kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo menggunakan pendekatan individual agar siswa benar-benar memahami tatacara ibadah dan mudah mempraktekkan materi secara mandiri 3) Evaluasi pembelajaran agama Islam menggunakan penilaian tulis dengan huruf braille, lisan, dan sikap.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-17 030
1721030
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-17 030
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2017
Deskripsi Fisik
xvi, 120 hlm.: 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Fajarul Kholidah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?