Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Konsep Reward (Ganjaran) dan Punishment (Hukuman) dalam Perspektif Pendidikan Islam

Putri Nur Afifah Suparman - Nama Orang;

Dalam dunia pendidikan seringkali ketika peserta didik melakukan kesalahan
pendidik langsung memberikan punishment (hukuman) kepada peserta didik baik
berupa cacian maupun hukuman fisik (seperti: menjewer), harapannya ialah agar
kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Tanpa disadari tindakan pendidik
tersebut tidak dapat mencegah kesalahan muncul kembali, bahkan akan
berdampak pada psikis peserta didik. Dalam pendidikan pemberian punishment
(hukuman) memang diperbolehkan, yakni sebagai alternatif terakhir ketika peserta
didik melakukan kesalahan. Dalam pembelajaran utamakan pemberian reward
(ganjaran) dari pada punishment (hukuman). Penelitian ini bermaksud untuk
membuktikan bahwa dalam pendidikan seharusnya peserta didik dididik dengan
lemah lembut dan kasih sayang bukan cacian atau hukuman.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan studi pustaka (Library
Research). Dalam penelitian ini menggunakan metode induktif dan deskriptf.
Peneliti memaparkan konsep reward (ganjaran) dan punishment (hukuman) dalam
perspektif pendidikan dan juga konsep reward (ganjaran) dan punishment
(hukuman) dalam perspektif pendidikan Islam, kemudian dari kedua pemaparan
tersebut dilakukan analisis.
Hasil analisis tersebut mengungkapkan bahwa konsep reward (ganjaran) dan
punishment (hukuman) tidak hanya diterapkan dalam pendidikan pada umumnya
saja, pendidikan Islam juga menerapkan (ganjaran) dan punishment (hukuman)
sejak masa Rasulullah SAW. dan juga para Rasul terdahulu. Dalam penelitian ini
dipaparkan konsep reward (ganjaran) dan punishment (hukuman) dalam
perspektif pendidikan Islam yang bersumber dari ayat-ayat al-Qur‟an, Hadits Nabi
SAW maupun tokoh pendidikan Islam. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat
bahwa dalam Islam juga mengajarkan agar mendidik dengan lemah lembut dan
kasih sayang bukan dengan cacian dan hukuman. Punishment (hukuman)
digunakan sebagai alternatif terakhir dalam pembelajaran.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-17 031
1721031
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-17 031
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2017
Deskripsi Fisik
xiv, 79 hlm.: 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Putri Nur Afifah Suparman
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?