Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisis perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syari'ah STAIN Kediri angkatan 2013 terhadap produk tas branded imitasi perspektif ekonomi syari'ah

Yeni Kesumaningtyas - Nama Orang;

Berbelanja merupakan kebutuhan semua orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Berbelanja sah-sah saja asal masih dalam tahap yang wajar. Dikatakan tidak wajar apabila seseorang berbelanja bukan karena kebutuhan, melainkan hanya karena kesenangan semata tanpa berpikir rasional dan cenderung melakukan perilaku konsumtif. Islam mengatur tentang konsep konsumsi, hal itu sebagaimana yang juga dipahami para mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 2013. Pemilihan tas branded imitasi sebagai objek penelitian karena saat ini tas branded imitasi mudah ditemukan dipasaran dan lebih mudah untuk diamati dibandingkan dengan barang imitasi yang lain seperti kosmetik, sepatu, dan lain-lain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan guna menanyakan kondisi perekonomian mahasiswi, pengetahuan mahasiswi tentang konsep konsumsi dalam Islam, kesadaran dan motivasi mahasiswi ekonomi syariah terhadap perilaku konsumtif ketika mahasiswi melakukan pembelian tas branded imitasi. Setelah itu data dianalisis dengan cara menelaah data.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku konsumtif pada mahasiswi Ekonomi Syariah dipengaruhi oleh motivasi/faktor pendorong dan faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku tersebut. Motivasi disini diantaranya: kebudayaan, sosial, pribadi, psikologis, ekonomi, lingkungan usaha, dan teknologi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif yaitu: pendapatan, harga barang atau jasa yang dikonsumsi, ikut-ikutan, ingin dipuji dan tampil beda. Perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 2013 dalam berbelanja tas branded imitasi jika dihubungkan dengan konsep konsumsi dalam Islam maka dilihat dari sisi pengetahuan tentang konsumsi dalam Islam sangatlah bagus, namun dalam kehidupan sehari-hari perilaku konsumsi mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 2013 belum melakukannya secara sempurna karena masih terdapat mahasiswi yang melakukan boros (ishraf) bahkan berlebih-lebihan (tabzir).


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS EI-17 026
1731026
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS EI-17 026
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2017
Deskripsi Fisik
xv, 85 hlm.: 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS EI-17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ekonomi Islam
Ekonomi syariah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yeni Kesumaningtyas
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?