Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Mujahadah Sholawat Wahidiyah dalam Pembentukan Akhlak Fast Siswa di SMP Saljul Qulub Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah Kota Kediri

Mochammad Asom - Nama Orang;

Pada fase perkembangan manusia, masa remaja adalah masa yang sangat rawan. Pada masa ini, terutama usia SMP, remaja memiliki emosi yang labil. Agama dalam kehidupan manusia berperan sebagai pembimbing dalam hidup dan dapat mengendalikan moral. Hal ini terjadi pada SMP Saljul Qulub Kota Kediri, di mana di sekolah tersebut, terdapat rutinitas pembacaan Sholawat Wahidiyah yang dapat berpengaruh dan mempengaruhi akhlak siswa. Salah satu akhlak terpuji adalah Akhlak FAST akronim dari fathonah, amanah, shiddiq, dan tabligh; empat sifat wajib bagi rasul.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan Mujahadah Sholawat Wahidiyah dalam pembentukan akhlak FAST siswa di SMP Saljul Qulub Kota Kediri, dan mengetahui gambaran akhlak FAST siswa di SMP Saljul Qulub Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah Kota Kediri yang mengikuti Mujahadah Sholawat Wahidiyah, serta untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai Mujahadah Sholawat Wahidiyah
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa keseluruhan pelaksanaan Mujahadah Sholawat Wahidiyah meliputi rangkaian proses, syarat-syarat sebelum pelaksanaan, adab yang harus dilakukan dan bacaan yang dibaca, mendukung proses pembentukan Akhlak FAST siswa. Aspek dalam Mujahadah yang paling berperan dalam pembentukan Akhlak FAST adalah adab ketika membaca serta isi dan kandungan dari Sholawat Wahidiyah itu sendiri yang mempengaruhi dalam pembentukan Akhlak FAST. Dengan adanya rutinitas Mujahadah Sholawat Wahidiyah, beberapa sampel penelitian yang rajin dalam mengikutinya memperlihatkan kecenderungan untuk memenuhi kriteria atau indikator dari Akhlak FAST. Sampel yang mengaku tidak rajin atau tidak serius memperlihatkan bahwa mereka kurang memenuhi dalam indikator Akhlak FAST. Mayoritas sampel menyatakan bahwa Mujahadah memberi efek yang positif, jika dilakukan dengan benar. Mujahadah menurut mereka memberi ketenangan batin secara langsung, dan melatih mereka untuk berakhlak mulia secara tidak langsung melalui bacaan dan adab yang mereka lakukan saat pelaksanaan Mujahadah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/AT-17/002
1715002
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/AT-17/002
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2017
Deskripsi Fisik
xv, 103 hlm ; 29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS AT-17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
USHULUDDIN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?