Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pembelajaran konstruktivistik-scientific untuk pendidikan agama di sekolah madrasah
Penanda Bagikan

Text

Pembelajaran konstruktivistik-scientific untuk pendidikan agama di sekolah madrasah

Andi Prastowo - Nama Orang;

Fenomena semakin maraknya tindak korupsi, asusila, pelecehan seksual, kekerasan, dan penipuan, yang meresahkan di tengah-tengah masyarakat kita menjadi situasi yang sangat bertolak belakang dengan citra bangsa Indonesia yang dikenal masyarakat dunia sebagai bangsa yang religius. Sikap dan perilaku seperti ini sangat jauh dari nilai-nilai religiusitas. Karena sebagaimana diketahui, tidak ada satu agama pun yang membenarkan tindakan amoral, asusila, dan tindak kejahatan dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi bagi Islam, agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat di Indonesia ini justru menekankan pentingnya akhlak yang mulia dalam kehidupan dan melarang berbuat dosa, asusila, amoral, penganiayaan, penipuan, dan kejahatan.

Kondisi seperti itu membuat masyarakat bertanya-tanya, "Problem besarapayang membuat pembelajaran.agama Islam di sekolah dan madrasah selama ini tidak efektif?" Menurut hasil penelitian ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya yaitu paradigma pembelajaran guru agama Islam di sekolah maupun di madrasah kita masih didominasi dengan paradigma lama yang cenderung behavioristik, teacher centered, siswa pasif, hanya menekankan aspek kognitif, mekanistik, dan penilaian yang artifisial. Padahal menurut Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A. (2009), misi Pendidikan Agama Islam adalah pembinaan sikap dan amaliah keberagamaan. Di mana dalam upaya penanaman nilai-nilai keagamaan ini yang dibutuhkan adalah paradigma pembelajaran konstruktivistik-scientific yang menekankan experencial and authentic learning, pembelajaran berbasis riset dan kerja kognitif level tinggi,'pembelajaran multisensori, dan authentic assessment. Selaras dengan hal tersebut, kurikulum baru, Kurikulum 2013, untuk sekolah/madrasah di negeri ini juga menekankan pendekatan scientific untuk proses pendidikan pada semua jenjang dan semua mata pelajaran.

Karena itu buku ini hadir untuk menguraikan konsep dan implementasi paradigma konstruktivistik-sc/ent//7c dalam aplikasinya untuk pembelajaran agama Islam di sekolah dan madrasah. Adapun topik-topik yang dibahas dalam buku ini meliputi: Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam di SD/MI, Pembelajaran Konstruktivistik, Pembelajaran Behavioristik, Konsep Dasar Pembelajaran Agama di SD/MI, Pembelajaran Konstruktivistik-Saintifik untuk Akidah-Akhlak, Al-Qur'an-Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik agama Islam (guru, instruktur, widwaiswara, ustad, dan dosen), serta bagi para mahasiswa kependidikan SI, S2, dan S3 yang sedang belajar dan mendalami bidang kajian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah. (sumber : http://lib.ummetro.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8630&keywords=)


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri 2X7.3 AND p
1500534
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri 2X7.3 AND p
1500536
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri 2X7.3 AND p
1500535
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X7.3 AND p
1602634
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X7.3 AND p
1602635
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X7.3 AND p
1602636
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X7.3 AND p
1602637
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X7.3 AND p
1602638
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 AND p
Penerbit
Jakarta : Rajagrafindo Persada., 2014
Deskripsi Fisik
xix, 441 hlm., ilus., bibl. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797697587
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed.1, Cet.1
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Andi Prastowo
Versi lain/terkait
JudulEdisiBahasa
Paradigma pendidikan Islam : upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolahCet. 20
Desain pembelajaran pendidikan agama Islam/ Mukhtar0
Manajemen perpustakaan sekolah profesional / Andi PrastowoCet. 10
Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoretis dan praktikCet.10
Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?