Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMP Negeri 3 Wates
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMP Negeri 3 Wates

Ihda Farikhatun Nisak - Nama Orang;

ABSTRAK

Ihda Farikhatun Nisak, Dosen Pembimbing I Drs. Moh. Rois, MA. dan Dosen Pembimbing II Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMP Negeri 3 Wates, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.

Kata Kunci: Upaya Guru, Kreativitas Belajar

Kreativitas adalah hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan siswa mampu berkreasi dengan mengguanakan pikiran dan ide-idenya untuk menciptakan suasana yang baru dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan kreativitas, upaya guru sangatlah dibutuhkan karena guru memiliki peran sebagai fasilitator bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Upay guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di UPTD SMPN 3 Wates ini cukup menarik untuk diteliti karena selain memberikan motivasi guru juga menggunakan berbagai upaya seperti menggunakan metode diskusi, outdor study, dan pemberian tugas. Fokus penelitian dalam sekripsi ini adalah: (1) Bagaimana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sisiwa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates (2) Apa saja Hambatan-hambatan Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates (3)Bagaimana Upaya Mengatasi Hambatan-hambatan dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates.
. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Sedangkan data analisis dapat meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates adalah: a) Menggunakan metode pembelajaran: metode pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa disini adalah diskusi, inkuiri dan tanya jawab. b) Menggunakan media pembelajaran: media yang digunakan guru untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran PAI disisni yaitu LCD dan internet. c) Pengkondisian kelas dan pemberian tugas: pengkondisisan kelas disisni adalah penataan ruang dan suasana kelas yaitu dengan pembelajaran yang dilakukan di Mushola dan melaksanakan sholat Dhuha sebelum pelajaran dimulai, serta pemberian tugas atau PR yang bertujuan agar siswa mau terus belajar dirumah. 2. Hambatan-hambatan dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates adalah: a) kurangnya dukungan dan motivasi dari keluarga. b) kurangnya kemampuan siswa tentang BTQ dan sholat. 3. Upaya Mengatasi Hambatan-hambatan dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di UPTD SMPN 3 Wates adalah: a) memotivasi siswa agar belajar dirumah dengan memberikan PR. b) memberikan perhatian khusus bagi siswa yang belum bisa BTQ dan sholat


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri Ks/PAI-14/172
1421172
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Ks/PAI-14/172
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xv. 72 hlm bibl. 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed.1
Subjek
upaya guru
Kreativitas Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?