Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Metode drill dalam upaya Meningkatkan Prestasi Belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa Kelas XI MA Arrahmah tahun pelajaran 2013/2014
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Metode drill dalam upaya Meningkatkan Prestasi Belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa Kelas XI MA Arrahmah tahun pelajaran 2013/2014

Samrotul Muniroh - Nama Orang;

ABSTRAKSI
SAMROTUL MUNIROH, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M. Ag dan Salma Sunaiyah, S.Ag M. Pd: Implementasi Metode drill dalam upaya Meningkatkan Prestasi Belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa Kelas XI MA Arrahmah tahun pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Metode drill, Prestasi belajar Al-Quran Hadits.
Pada umumnya siswa MA Arrahmah dalam keseharian belajar mereka di sekolah masih menganggap guru sebagai sumber informasi utama dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut berdampak pada prilaku belajar mereka yang pasif diwaktu mengikuti pelajaran di kelas. Selain itu mata pelajara al-quran hadis sendiri masih menjadi mata pelajaran yang dinomerduakan. Sehingga perlu seorang guru mampu menggunakan metode yang menarik untuk anak-anak lebih aktif dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran al quran hadis. Berawal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan fokus penelitian. yaitu: 1) Bagaimana implementasi metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas XI MA Arrahmah Purwatengah Tahun 2013/2014. 2)Bagaimana peningkatan prestasi belajar setelah diimplementasikan dengan metode drill pada mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas XI MA Arrahmah Purwatengah Tahun 2013/2014.
Pada penelitian ini, penulis meggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan pengukuran tes hasil belajar siswa. Penelitian dimulai dari siklus 1, siklus II, siklus III. Dalam rancangan penelitian tindakan kelas di setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: plaining/ rencana awal yang dilakukan, action/ tindakan, observation/ pengamatan, reflection/refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika menerapkan metode drill di kelas, peneliti masih menjumpai beberapa hambatan dimana masih terdapat beberapa siswa yang kurang memahami materi yang diberikan dan peneliti masih kurang baik dalam melakukan pengelolaan kelas, sehingga peneliti dan guru memakai alternatif lain dengan menerapkan metode drill. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas XI MA Arrahmah Purwatengah Tahun 2013/2014. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitiaan bahwa prosentasi ketuntasan belajar pada pra siklus 43% meningkat 17% dalam siklus I yaitu 60%. Dan terjadi peningkatan pula pada siklus II sebesar 26,6% dengan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 86,6%, dan pada siklus III ketuntasan belajar menjadi 100% dengan peningkatan 13,4% dari siklus II.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri Ks/PAI-14/148
1421148
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Ks/PAI-14/148
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xiii. 92 hlm,bilbl 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed.1
Subjek
Metode Drill
Prestasi belajar Al-Quran Hadits.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?