Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub pokok Bahasan Sholat Pada Kelas III Di SDN PAGU II Ds. Pagu Kec. Pagu Tahun Ajaran 2013/2014
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub pokok Bahasan Sholat Pada Kelas III Di SDN PAGU II Ds. Pagu Kec. Pagu Tahun Ajaran 2013/2014

Sarmudi - Nama Orang;

ABSTRAK

SARMUDI, Dosen Pembimbing : Dr. Mu’awanah, M.Pd dan Saifullah, M.Ag : Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub pokok Bahasan Sholat Pada Kelas III Di SDN PAGU II Ds. Pagu Kec. Pagu Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan Agama Islam merupakan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah umum yang mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan moral, akhlak dan etika peserta didik yang sekarang ini sedang berada pada titik terendah dalam perkembangan masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang menjadi sebab adalah ketiadaan penguasaan menejemen modern bagi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Untuk mengatasi kegagalan pendidikan agama Islam diperlukan pendidik yang mampu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditentukan. Sehingga dalam PBM tercipta suatu lingkungan yang kondusif, kreatif dan kritis dari siswa. Utamanya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih sebagai mata pelajaran yang mengajarkan tentang Ibadah seseorang. Tujuan dari fokus yang di tulis penelitian ini: 1) Mengetahui Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas III SDN PAGU II Desa Pagu Kecamatan Pagu tahun pelajaran 2013/2014. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih pada siswa Kelas III SDN PAGU II Kecamatan Pagu tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III SD Negeri PAGU II semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa terlibat aktif secara fisik, emosional dan intelektual sehingga konsep tentang Sholat Fardlu yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa 2. Metode demonstrasi mempunyai dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Pagu II Semester II tahun pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus III terdapat peningkatan. semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 65,22 %, 78,2 %, dan 82,60 %. Pada siklus III prestasi belajar siswa meningkat dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri Ks/PAI-14/136
1421136
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Ks/PAI-14/136
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xiii. 55 hlm,bilbl 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed.1
Subjek
Prestasi belajar siswa
Metode Demonstrasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?