Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kompetensi Guru DalamPengembangan  Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kota Kediri
Penanda Bagikan

Text

Kompetensi Guru DalamPengembangan Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kota Kediri

Ainin Alkhurni - Nama Orang;

ABSTRAK

AININ ALKHURNI, 2014. Dosen Pembimbing Drs. Iskandar Tsani, M.Ag dan Ninik Zuroidah,M.Si : Kompetensi Guru DalamPengembangan Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, penilaian afektif, Akidah Akhlak
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efekti, penilaian afektif adalah proses memberikan atau menentukan terhadap hasil belajar tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Akidah Akhlak adalah suatu sikap yang melekat pada jiwa dan menjadi kepribadian, dari situlah memunculkan perilaku/ perbuatan yang spontan, mudah, tanpa dibuat- buat dan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Sebagaimana di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri kompetensi penilaian sangatlah penting. Untuk itu yang menjadi fokus penelitian skripsi, yaitu: sebagai berikut: 1). Bagaimana Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri? 2). Bagaimana Implementasi Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri? 3). Apa Faktor Penghambat dan Pendukung Peniliaian Afektif Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal penelitian ini, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian data tersebut dianalisis dengan melihat reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian di MTsN Mojoroto Kota Kediri dapat disimpulkan bahwa 1). Pelaksanaan penilaian afektif Akidah Akhlak di MtsN Mojoroto Kediri meliputi kegiatan evaluasi, sasaran atau obyek penilaian serta teknik penilaian. Kegiatan penilaian afektif Akidah Akhlak di MTsN Mojoroto Kediri dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Adapun yang menjadi sasaran atau obyek penilaian Akidah Akhlak Cuma mencakup satu ranah saja yaitu afektif. Sedangkan teknik penilaian yang digunakan oleh Guru Akidah Akhlak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu teknik tes dan teknik non tes meskipun lebih cenderung kepada teknik non tes dikarenakan menilai pada ranah afektifnya saja. 2). Guru Akidah Akhlak kelas VII dan VIII di MTsN Mojoroto Kediri sudah memilki kompetensi yang cukup baik dalam melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan dan keahlian para guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur atau langkah- langkah dan teknik- teknik penilaian pendidikan. Kompetensi guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan kegiatan penilaian tersebut dimulai dari merumuskan perencanaan penilaian, menyusun soal tes mengolah dan menganalisis hasil tes yang kemudian dilanjutkan dengan menginterpretasi serta menindaklanjuti hasil dari penilaian. 3). Faktor pendukung dan penghambat penilaian afektif di MtsN Mojoroto Kediri dilihat dari aspek internal yaitu motivasi siswa, minat siswa dan sarana prasarana sedangkan dari aspek eksternal yaitu dukungan dari orang tua siswa, motivasi guru dalam mengajar, lingkungan sosial sekolah


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri Ks/PAI-14/115
1421115
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Ks/PAI-14/115
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xvii. 136 hlm bibl. 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed.1
Subjek
Kompetensi guru
akidah akhlak
penilaian afektif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?