Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Konsep Pendidikan K.H.Hasyim Asy’ari Dalam Adab Al-Alim Wa Al-Mutaalim
Penanda Bagikan

Text

Konsep Pendidikan K.H.Hasyim Asy’ari Dalam Adab Al-Alim Wa Al-Mutaalim

Muhammad Rouf - Nama Orang;

ABSTRAK

MUHAMMAD ROUF,Pembimbing I Bapak Dr.H. Anis Humaidi, M.Ag, pembimbing II Drs. Moh. Rois M.A, Konsep Pendidikan K.H.Hasyim Asy’ari Dalam Adab Al-Alim Wa Al-Mutaalim, Prodi Pendidikan Agama Islam, jurusan Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014
Kata Kunci:Pendidikan,K.H.Hasyim Asy’ari, Adab Al-Alim Wa al-Mutaalim
K.H. Hasyim Asy'ari ulama yang berpengaruh pada masanya lahir tanggal 24 Dzulqa'dah (14 Februari 1871 M), Meninggal tanggal 7 Ramadhan 1366 H (25 Juli 1947). Ia memiliki banyak sekali karya dalam berbagai disiplin ilmu seperti teologi, fiqih, tasawuf juga pendidikan yang dituangkan dalam kitab Adab Al-Alim Wa al- Mutaalim.
Rumusan masalah penelitian ini adalah;1) bagaimanakah konsep pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim?.2) sisi apa sajakah yang menjadi perhatian konsep pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim?.3). adakah relevansi Konsep pendidikan menurut K.H.Hasyim Asy’ari dengan pendidikan sekarang? Tujuan penelitian untuk mengetahui 1). Konsep pendidikan menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim. 2) sisi perhatian konsep pendidikan menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim.3) Relevansi Konsep pendidikan menurut K.H. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan sekarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka yang berkaitan dengan tema studi. Data yang terkumpul dianalisis dengan :1) Deskriptif Analisis untuk mendeskripsikan dan sekaligus menganalisis pemikiran-pemikiran K.H.Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan.2) historis guna mengungkap pemikiran Hasyim Asy’ari ditinjau dari segi sejarahnya.
Konsep pendidikan K.H.Hasyim Asy’ari dalam Adab Al-Alim Wa Al-Mutaalim meliputi : 1) Tujuan pendidikan: a) Membentuk pribadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. b) Membentuk pribadi manusia yang memiliki berbudi pakerti luhur (ahlak al-karimah). c) Membentuk manusia yang memiliki pengetahuan luas dan mengamalkan ilmu-ilmunya. d) Membentuk pribadi manusia yang peka terhadap keadaan sekitar dan mewujudkan sifat-sifat Allah serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Konsep belajar:a) Proses belajar; belajar pengetahuan, belajar keterampilan, belajar informasi, belajar konsep, belajar sikap dan belajar pemecahan masalah.b) Metode mengajar; ceramah, diskusi, drill, Tanyajawab, Mudzakarah, Munadharah, dan Mutharahah. Proses pembelajaran dilakukan dengan interaksi dan keteladanan. 3) Kurikulum;ilmu pengetahuan agama (syariat) dan ilmu umum (keterampilan dan pengetahuan), dan berbentuk korelasi (correlated). 2) Sisi perhatian Konsep pendidikannya; a) Pembentukan ahlak. b) pemberdayaan fitrah manusia (kebebasan, hidayah Allah dan kapasitas belajar). 3) Relevansi Konsep pendidikan menurut K.H.Hasyim Asy’ari dengan pendidikan sekarang :1) tujuan, menghendaki peningkatan keimanan, ketaqwaan, berbudi luhur, berwawasan luas dan pengembangan semua aspek potensi peserta didik secara totalitas. 2) belajar mengajar, menekankan pembelajaran interaktif, inspiratif, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. 3) kurikulum, menekankan pengembangan aspek jasmani dan rohani, tetapi K.H.Hasyim tidak menjelaskan secara eksplisit rencana pembelajaran seperti pada kurikulum 2013.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/86
1421086
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/86
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
x, 127 hlm.; bibl.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Pendidikan,K.H.Hasyim Asy’ari,
Adab Al-Alim Wa al-Mutaalim
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?