Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model-Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI dan Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTsN Kanigoro),
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model-Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI dan Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTsN Kanigoro),

Ririn Suciati - Nama Orang;

ABSTRAK


Ririn Suciati, DosenPembimbing I BapakWahidulAnam, M.Ag dan Dosen Pembimbing II Bapak Dr. H. Ilham Thohari, SH. MHI: Penerapan Model-Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI dan Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTsN Kanigoro), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar Siswa

Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendukung yang memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Metode pembelajaran yangdigunakan guru pada saat ini masih banyak yang menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kehilangan motivasi belajar, yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tetapi lain halnya di MTsN Kanigoro, para guru SKI dan Akidah Akhlak sudah menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang tujuannya adalah meningkatkan prestasi belajar siswa.Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1). Apa saja model-modelpembelajaranberbasisContextual Teaching and Learning (CTL) yang diterapkan di MTsNKanigoropadamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak? 2). BagaimanaprestasibelajarsiswaMTsNKanigorodenganstrategiContextual Teaching and Learning (CTL)padamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak? 3). Apa sajafaktorpendukungdanpenghambatdalammenerapkanstrategiContextual Teaching and Learning (CTL) dalammeningkatkanprestasibelajarsiswaMTsNKanigoropadamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,sedangkanjenispenelitian yang digunakanadalahstudikasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1)Penerapkanmodel pembelajaranpembelajaranberbasisContextual Teaching and Learning (CTL) padamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak di MTs NegeriKanigoromeliputibeberapakomponendiantaranyakomponenbertanya, komponen inquiry, komponenmasyarakatbelajar (learning community), komponenrefleksi, dankomponenpenilaian yang sebenarnya (authentic assesment). 2) Penerapan model-model pembelajaranberbasisContextual Teaching and Learning (CTL)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak. 3) Faktorpendukungdalammenerapkanstrategi CTL diantaranyatersedianyasaranaprasarana yang memadai, sedangkanfaktorpenghambatdiataranyakurangnyawaktu jam pelajaran, beragamnyakemampuandanmotivasisiswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/85
1421085
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/85
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xvii, 85 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Prestasi belajar siswa
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?