Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Pada Anak Hiperaktif  (Studi Kasus Di Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri)
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Pada Anak Hiperaktif (Studi Kasus Di Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri)

Fika Azizah - Nama Orang;

ABSTRAK
FIKA AZIZAH, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. dan Imron Muzakki, M.Psi. : Implementasi Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Pada Anak Hiperaktif (Studi Kasus Di Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri). Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.

Kata Kunci : Metode ABA, Anak Hiperaktif.

Studi ini berawal dari pengamatan penulis terhadap perilaku anak hiperaktif yang sangat membingungkan dan kontradiktif. Perilaku yang gegabah (kurang terkontrol) dan tidak teroganisasi adalah sumber utama bagi stres anak, orang tua, saudara, guru dan teman dikelas. Inkonsistensi itu menyebabkan orang lain berfikir bahwa anak hiperaktif dapat melakukan sesuatu jika mereka melakukan dengan lebih giat, atau jika orang tua atau gurunya menerapkan aturan-aturan yang lebih ketat. Hiperaktif merupakan suatu gangguan perkembangan peningkatan aktivitas, sehingga diperlukan suatu terapi yang mencakup semua aspek guna meminimalisir gangguan hiperaktif. Semua aspek tersebut ada pada Terapi ABA. Penulis mengambil judul skripsi “Implementasi Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Pada Anak Hiperaktif (Studi Kasus Di Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri)”. Adapaun fokus penelitiannya adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Implementasi Metode ABA Pada Anak Hiperaktif di Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri? (2) Apa Faktor Penghambat Penerapan Metode ABA pada Anak Hiperaktif Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri? (3) Apa Faktor Pendukung Penerapan Metode ABA pada Anak Hiperaktif Sekolah Inklusi YBPK Semampir Kota Kediri?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) observasi partisipan; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: (1) Dari metode ABA yang diterapkan, metode yang mendominasi pada saat pelaksanaan pembelajaran untuk anak hiperaktif di Sekolah Inklusi YBPK Semampir adalah sebagai berikut : (a) Intruksi, (b) Respon, (c) Prompt, (d) Reinforcement atau Imbalan. (2) Faktor penghambat yang ditemui pada saat penerapan metode ABA adalah emosi anak yang masih labil dalam menjalankan metode ABA, kemampuan merawat diri yang masih kurang dan membutuhkan pendamping, ketidak seimbangan penggunaan intruksi yang harus menggunakan kata yang singkat. (3) Faktor Pendukung yang ditemui pada saat penerapan metode ABA adalah adanya peran orang tua yang mendukung penuh kegiatan tersebut dan saling berkesinambungan dengan pihak sekolah untuk mendidik anak dan adanya peran guru khusus inklusi dan pendamping untuk menjaga dan mengontrol anak hiperaktif tersebut.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/82
1421082
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/82
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xvi, 113 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Metode ABAMetode ABA
Anak Hiperaktif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?