Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Stretegi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Stretegi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten

Tsamrotu Qolbi - Nama Orang;

ABSTRAK

TSAMROTU QOLBI, 932112610, Dosen Pembimbing Dr. H. ALI ANWAR, M. Ag. dan NOER HIDAYAH, M. Si.: Implementasi Stretegi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten, Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Motivasi belajar siswa, PAI

Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten, semester genap Tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X-4, dengan menggunakan metode index card match (mencari jodoh kartu tanya jawab). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 23 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu: 1) Perencanaan (planning). 2) Pelaksanaan tindakan (acting). 3) Pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas dengan fokus menerapkan metode index card match.
Dari data-data observasi yang peneliti dapatkan, dapat diketahui dari konsidi awal bahwasannya di kelas X khususnya kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten terjadi permasalahan dari motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang rendah dan jauh dari pencapaian target yang ditetapkan oleh pihak SMA. Dari data penelitian pra siklus dapat diketahui bahwa pembelajaran PAI yang dilaksanakan di kelas X-4 masih menggunakan metode yang klasikal tanpa fariasi yang membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja dan sesekali memberi tugas individu atau kelompok. Dari hal tersebutlah siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, malah gaduh sendiri dan ada yang tidur di kelas pada waktu diadakannya ulangan hasilnya jauh dari yang diharapkan. Dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti peroleh pada tahap awal/pra siklus, siklus I dan siklus II pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode index card match. Sehingga hasil penelitian membuktikan bahwa dengan mengunakan metode index card match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI, di kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten. Dan berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi, masukan, dan pengetahuan kepada semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/79
1421079
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/79
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xii, 80 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Motivasi belajar siswa, PAI
Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match,
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?