Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Menghafal Angka Melalui Metode Index Cart Match Pada Kelompok “A” Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Kemampuan Menghafal Angka Melalui Metode Index Cart Match Pada Kelompok “A” Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014

Rosiah - Nama Orang;

ABSTRAK

ROSIAH, Dosen Pembimbing Drs.Moh. Rois, MA. dan Drs. Iskandar Tsani, M.Ag. : Peningkatan Kemampuan Menghafal Angka Melalui Metode Index Cart Match Pada Kelompok “A” Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Menghafal Angka, Metode Index Cart Match.

Kemampuan memahami angka merupakan salah satu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar matematika di masa tahapan awal perkembangan anak. Pengembangan memahami angka merupakan kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Disini anak dituntut untuk menghafal angka 1-10 dengan tanpa memaksa anak untuk menghafalnya. Kegiatan tersebut bisa dikemas dengan mengajari anak angka yang dipadu dengan suatu permainan yang menarik.dengan bermain anak tidak anak merasa terpaksa untuk belajar. Oleh karena itu menggunakan metode Index Cart Match dalam penerapannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat keefektifan pengajaran mengenal angka 1-10 dengan menggunakan metode Index Cart Match yang digunakan pada TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Objek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A-1 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terbatas pada kemampuan memahami angka dengan menggunakan metode Index Cart Match, kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rangkaian Kegiatan Harian (RKH) dan Kartu Gambar.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, yang diperoleh dari hasil tes pada Kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Metode Index Cart Match yang dapat meningkatkan kemampuan menghafal angka 1-10 dengan cara siswa maju ke depan untuk memasangkan kartu gambar sesuai kartu angka. Dengan menggunakan Metode Index Cart Match, anak dapat mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketuntasan belajar pada pra siklus 50%, siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 95% (memenuhi standart ketuntasan).


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/77
1421077
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/77
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xiv, 78 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Menghafal Angka,
Metode Index Cart Match.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?