Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di  Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah

Siti Rofi’atul Mu’allimah - Nama Orang;

ABSTRAK

SITI ROFI’ATUL MU’ALLIMAH, Dosen Pembimbing WAHIDUL ANAM M.Ag dan AHMAD TAUFIK S. Ag M.Si.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.

Kata Kunci: Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an

Di era globalisasi ini masih banyak di kalangan masyarakat khususnya anak muda yang masih bersekolah yang mangalami kesulitan belajar apalagi dalam hal membaca Al-Qur’an. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda sehingga setiap anak pasti mengalami kesulitan belajar yang berbeda pula apalagi dalam hal membaca Al-Qur’an. Namun realitasnya sekarang banyak anak muda khususnya yang masih bersekolah lebih suka membaca SMS, majalah, koran dll dibandingkan dengan membaca Al-Qur’an, sehingga ketika mereka dites guru untuk membaca Al-Qur’an mereka mengalami kesulitan membaca. Dari latar belakang ini penulis melakukan penelitian yang berfokus pada: 1. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs. Sunan Gunung Jati Gurah?. 2. Bagaimana Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati?.3. Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi.
Dari hasil penelitian tentang Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah dapat disimpulkan bahwa: 1. Kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur’an masih rendah. Dan pada umumnya mereka masih mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. 2. Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa: Pengajaran Perbaikan, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa, dan Bimbingan Belajar. 3. Faktor Pendukung Dan Penghambat. a. Faktor Pendukung: Tersedianya Mushola, Kemampuan dari diri siswa sendiri, Keberadaan TPQ, BTQ, Kegiatan lailatul qiro’ahdan lailatus sholawat, Kegiatan membaca Al-Qur’an selama 1 minggu saat puasa. b. Faktor penghambat: Tingkat kecerdasan siswa belajar membaca Al-Qur’an rendah, Kurang adanya minat dan motivasi siswa, Waktu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang terbatas, Kurang motivasi dan kesadaran dari pihak keluarga tentang belajar Al-Qur’an, Pengaruh perkembangan teknologi serta cara bergaul siswa di sekolah atau di masyarakat.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/74
1421074
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/74
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xv, 106 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?