Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Status Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014,
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Status Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014,

Mutamimah - Nama Orang;

ABSTRAKS

MUTAMIMAH, Dosen Pembimbing, Dr. H. Ali Anwar, M. Ag dan Iwan Marwan, M. Hum, Pengaruh Status Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.

Kata kunci: Pengaruh Status Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa

Dalam pembahasan terhadap hasil belajar, status ekonomi keluarga adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam menentukan apakah seorang siswa memiliki motivasi tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang kemudian mempengarui hasil belajarnya. Hal tersebut disebabkan tingkat ekonomi orang tua juga menentukan fasilitas-fasilitas belajar yang diterima siswa nantinya. Anak dari keluarga berstatus ekonomi rendah kemungkinan mempunyai motivasi belajar tinggi karena ingin mendapat hasil belajar yang tinggi sehingga dapat memperoleh pekerjaan yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh 1) Bagaimanakah pengaruh status ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar?; 2) Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa?; 3) Bagaimanakah pengaruh status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar?; dan 4) Bagaimanakah pengaruh status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Pagu Kab. Kediri yang berjumlah 900 siswa. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 110 siswa. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang ditempuh adalah teknik random stara. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi, wawancara dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan rumus analisis jalur, karena variabel (x), mediator dan variabel (y) tidak berdistribusi normal.
Dalam penelitian ini terdapat empat temuan, yaitu ; 1) tidak ada pengaruh antara status ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,565 yang lebih besar dari 0,05, 2) tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,342 yang lebih besar dari 0,05, 3) tidak ada pengaruh antara status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,536 yang lebih besar dari 0,05, dan 4) tidak ada pengaruh antara status ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar di MTs Negeri Pagu Kediri pada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis Sig. = 0,507 yang lebih besar dari 0,05 dan hasil analisis nilai t yaitu 0,036 lebih kecil dari t yaitu 1,96


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/70
1421070
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/70
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xv, 84 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
hasil belajar siswa
Pengaruh Status Ekonomi Keluarga,
, Motivasi Belajar,
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait
JudulEdisiBahasa
Ekonomi keluargaCet. 10
Lampiran Berkas
  • Cover
  • Abstract
  • Pra bab
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • Daftar Pustaka
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?