Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar  pada siswa kelas XI IPS 1 mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Kediri
Penanda Bagikan

Text

Implementasi metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Kediri

Elly Ermawati - Nama Orang;

ABSTRAK

ELLY ERMAWATI, Dosen Pembimbing Drs. Moh Irfan Burhani, M.Psi dan Imron Muzakki, M.Psi : Implementasi metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Kediri tahun pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.

Kata Kunci : Jigsaw, Prestasi, Fiqih.

Dalam pembelajaran yang menggunakan metode tradisional atau ceramah tidak semua siswa mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama, seperti yang terjadi di kelas XI IPS 1 MAN 1 Kediri, ternyata antusias peserta didik terhadap pembelajaran Fiqih sangat kurang, sehingga peserta didik tidak menguasai materi yang telah guru sampaikan dan akhirnya berdampak pada prestasi belajar siswa. Dari 34 siswa yang tuntas hanya 20 siswa dengan nilai ketuntasan minimal 71. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba metode baru yang diasumsikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode belajar Jigsaw dalam pembelajaran fiqih dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 MAN 1 Kediri.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Sumber data adalah skor tes siswa. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, dokumentasi dan tes. Analisa data hasil belajar yaitu siswa yang tuntas belajar dibagi jumlah keseluruhan siswa dikalikan 100.
Dalam penelitian ini terdapat tiga temuan, yaitu : 1) Pertama, pada pra siklus prosentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh yaitu 58,8 % yang mempunyai nilai rata-rata 71,7. Kedua, pada siklus 1 ternyata masih belum terdapat perubahan yang signifikan dengan prosentase hasil yaitu 64,7 % dengan rata-rata nilai 77,3. Hal ini dikarenakan masih belum terlalu pahamya siswa terhadap metode baru yang akan diajarkan. Ketiga, setelah pelaksanaan siklus 2 mengalami peningkatan, dalam proses belajar mengajar dengan prosentase hasil 100 % dengan nilai rata-rata 85,4 . 2) Penerapan metode jigsaw dari pra siklus sampai siklus ke dua berjalan dengan baik namun ada beberapa hambatan, dan hambatan tersebut segera dicari jalan keluarnya pada saat refleksi tindakan dalam tiap siklusnya agar siklus selanjutnya hambatan tersebut bisa dihindarkan. 3) Untuk mengatasi hambatan yang muncul, maka dilakukan refleksi pada tiap siklus, diantaranya sebelum adanya pelajaran siswa sudah diberitahu akan menggunakan metode tersebut agar mereka dapat mempersiapkan dengan baik sehingga metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Kediri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/57
1421057
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/57
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xvi, 98 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Jigsaw,
Prestasi,
, Fiqih.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • Abstract
  • Pra bab
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?