Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Minat Belajar Membaca Anak Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Kelompok B Tk An Nidhom Bangsongan Kayen Kidul Kabupaten Kediri
Penanda Bagikan

Text

Meningkatkan Minat Belajar Membaca Anak Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Kelompok B Tk An Nidhom Bangsongan Kayen Kidul Kabupaten Kediri

KHUSNUL KHOTIMAH - Nama Orang;

ABSTRAK


KHUSNUL KHOTIMAH, Dosen Pembimbing Dr. Muawanah, M.Pd., Dr. H. Ilham Tohari, M.HI. Meningkatkan Minat Belajar Membaca Anak Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Kelompok B Tk An Nidhom Bangsongan Kayen Kidul Kabupaten Kediri

Kata kunci: Minat Baca, Alat Permainan Edikatif (APE)

Media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Usia PAUD adalah masa golden age dalam pertumbuhan anak, tahap ini berada pada masa operasional konkrit, maka diperlukan media untuk menanamkan konsep yang bersifat abstrak. APE Puzzle diharapkan dapat membantu meningkatkan minat belajar membaca melalui bermain sehingga mereka merasa senang dan enjoy. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan APE untuk meningkatkan minat baca anak?, 2) bagaimana peningkatan minat baca anak melalui penerapan APE di TK An Nidzom Kayen Kidul Kediri? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah a) untuk mengetahui penerapan APE untuk meningkatkan minat baca anak, 2) untuk mengetahui peningkatan minat baca anak melalui penerapan APE di TK An Nidzom Kayen Kidul Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan APE Puzzle untuk meningkatkan minat belajar anak kelompok B TK An Nidhom Kayen Kidul Kediri dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus satu kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing). Pelaksanaan tindakan secara kolaboratif peneliti dan guru sejawat. Peserta didik diberikan Puzzle yang berisi huruf untuk dirangkai menjadi kata selanjutnya mereka diminta untuk membaca. Dengan metode ini terlihat minat peserta didik minat belajar membaca sambil bermain, merasa senang dan enjoy. (2) Terdapat peningkatan minat belajar membaca anak melalui Penerapan Alat Permainan Edukatif (APE) di Klas B TK An Nidhom Kayen Kidul Kediri pada semua indikator. Pada indikator perhatian terdapat peningkatan dari 25% pra siklus menjadi 45% pada siklus I atau meningkat 55 %, dan menjadi 60% pada siklus II atau meningkat 27%. Pada indikator rasa senang belajar membaca meningkat dari 30% pada pra siklus menjadi 50% pada siklus I atau meningkat 60%, dan menjadi 60% pada siklus II atau meningkat 40%. Pada indikator motivasi meningkat dari pra siklus 25% menjadi 45% pada siklus I atau meningkat 55%. Dan pada siklus II menjadi 70% atau meningkat 40%. Jadi Alat Permainan Edukatif (APE) dapa meningkatkan minat belajar membaca anak. Oleh karena itu APE Puzzle bisa direkomendasikan untuk dijadikan media pengenalan membaca pada anak TK.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/51
1421051
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/51
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xiii, 71 hlm. bibl. 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Minat Baca,
Alat Permainan Edikatif (APE)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • Abstract
  • Pra bab
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • Daftar lampiran
  • Daftar Pustaka
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?