Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Studi Komparasi tentang Self regulated learning antara Siswa akselerasi dan siswa reguler di MAN Denanyar Jombang
Penanda Bagikan

Text

Studi Komparasi tentang Self regulated learning antara Siswa akselerasi dan siswa reguler di MAN Denanyar Jombang

Shofi Hudaya - Nama Orang;

Shofi Hudaya. Dosen pembimbing Drs. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi., dan NINIK ZUROIDAH, M.Si, : Studi Komparasi tentang Self regulated learning antara Siswa akselerasi dan siswa reguler di MAN Denanyar Jombang, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.

Kata Kunci: Self regulated learning, Program Akselerasi, dan program Reguler.
Pada dasarnya semua siswa-siswi di MAN Denanyar Jombang memiliki beban belajar yang sama, tapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa akselerasi memiliki tekanan yang tinggi. Hal ini yang mengakibatkan banyak siswa akselerasi yang memutuskan untuk pindah ke program reguler. Mungkin faktor Self-regulated Learning yang mengakibatkan banyak siswa akselerasi memutuskan untuk pindah ke program reguler. Self regulated learning yaitu belajar dengan menjaga motivasi, meregulasi metakognisi, dan perilaku aktif menggunakan strategi belajar, baik strategi kognitif maupun strategi mengelola lingkungan. Untuk itu penulis melakukan penelitian tentang perbedaan self regulated learning antara siswa akselerasi dengan siswa reguler di MAN Denanyar Jombang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah diantaranya untuk: 1. Mengetahui self regulated learning siswa kelas akselerasi di MAN Denanyar Jombang, 2. Mengetahui self regulated learning siswa kelas reguler di MAN Denanyar Jombang, 3. Mengetahui apakah ada perbedaan self regulated learning antara siswa akselerasi dengan siswa reguler di MAN Denanyar Jombang.
Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif komparasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi penelitian 15 siswa untuk siswa akselerasi dan 170 untuk siswa reguler. Berdasarkan tabel rumus Issac dan Michael, populasi dengan jumlah 170 didapat jumlah sampel 114. Jadi untuk siswa reguler sampelnya 114 siswa. Sedangkan untuk kelas akselerasi menggunakan populasi sampel berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis data statistik menggunakan rumus t-test.
Hasil perhitungan dari deskripsi data penelitian menunjukkann bahwa, mean (rata-rata) kedua sampel tersebut self regulated learning paling tinggi terdapat pada siswa akselerasi sebesar 173,47, kemudian siswa reguler sebesar 164,75. Berdasarkan hasil perhitungan statistik melalui rumus independent t-test dengan bantuan software SPSS versi 16 diperoleh t hitungnya sebesar 2,301 dan t tabelnya sebesar 1,978. Karena t hitung ≥ t tabel maka tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti terdapat perbedaan signifikan self regulated learning antara siswa akselerasi dengan siswa reguler di MAN Denanyar Jombang


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-14/36
1421036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-14/36
Penerbit
Keidiri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xvii, 92 hlm.; bibl.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
Program Akselerasi
Self regulated learning
Program Reguler
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • Daftar Pustaka
  • lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?