Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Membangun Kepercayaan  (Trust Building) Nasabah (Studi Kasus di BMT  Sidogiri Kota Kediri).
Penanda Bagikan

Text

Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Membangun Kepercayaan (Trust Building) Nasabah (Studi Kasus di BMT Sidogiri Kota Kediri).

Yanif Risbie Yunanto - Nama Orang;

Yanif Risbie Yunanto, 931305106. Dosen Pembimbing I Rofik Effendi, S.Kom., MM. Pembimbing II Ashfa Fikriyah, M.E.I, Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Membangun Kepercayaan (Trust Building) Nasabah (Studi Kasus di BMT Sidogiri Kota Kediri). Jurusan Syari’ah Program Studi Ekonomi Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, 2013.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, BMT, Kepercayaan Nasabah

BMT Sidogiri yang berada di Kota Kediri telah berhasil meningkatkan program pemberdayaan ekonomi, khususnya di kalangan usaha mikro, kecil menengah dan koperasi melalui sistem syari’ah. Serta mampu mendorong kehidupan ekonomi syari’ah dalam kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah khususnya pada masyarkat Kota Kediri dan sekitarnya.
Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan produk-produk BMT Sidogiri Kota Kediri ? (2) Bagaimana penerapan srategi pemasaran BMT Sidogiri Kota Kediri di lapangan yang terdiri dari product price, place dan promotion dalam membangun kepercayaan (Trust Building) pada nasabah ? (3) Strategi mana yang paling dominan di BMT Sidogiri Kota Kediri ?
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Sedangkan analisa data menggunakan tehnik diskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian ini adalah (1) Pengelolaan Produk-produk dalam BMT Sidogiri Kota Kediri meliputi 3 bagian, yaitu produk pembiayaan produktif meliputi musyarakah dan mudharabah; produk konsumtif meliputi murabahah, ijarah muntahia bittamlik, ijarah manfaat, dan ijarah jasa; serta produk sosial atau disebut qordhul hasan. Dengan banyaknya pilihan produk pembiayaan yang diciptakan oleh BMT Sidogiri Kota Kediri bertujuan untuk melayani kebutuhan nasabah supaya dapat terpenuhi akan kebutuhannya dan BMT Sidogiri juga dapat tercapai tujuan dari pemasaran produk tersebut apabila produk yang dihasilkan tepat pada sasaran. (2) Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Sidogiri Kota Kediri dalam membangun kepercayaan nasabah adalah dengan menerapkan serangkaian unsur-unsur pemasaran (marketing mix) yang disebut dengan 4P, yaitu strategi product, price, place, dan promotion. Strategi produk, BMT Sidogiri Kota Kediri telah menyediakan berbagai macam produk, contohnya dengan menciptakan berbagai macam produk maka akan memudahkan masyarakat yang ingin menjadi nasabah dalam BMT Sidogiri Kota Kediri. Strategi price, BMT Sidogiri Kota Kediri dalam strategi harga menerapkan sistem yang fleksibel contohnya angsuran secara harian, angsuran secara mingguan, angsuran secara bulanan dan tentunya dengan menggunakan sistem bagi hasil. Strategi place, dalam hal ini BMT Sidogiri Kota Kediri dalam melakukan pemasaran sasarannya yaitu pasar tradisional yang ada di kota Kediri. Strategi promotion, dalam hal ini BMT Sidogiri Kota Kediri melakukan promosi yaitu dengan cara sosial oriented, brosur, SUM (Syilla Ukhuwa Mitra), jemput bola. (3) Strategi yang paling dominan di BMT Sidogiri Kota Kediri adalah strategi promosi yang dilakukan dengan cara mendatangi nasabah, menjenguk nasabah yang sedang sakit, dll. Karena dengan demikian nasabah akan merasa lebih di perhatikan dan nyaman terhadap pelayanan yang dilakukan BMT sidogiri kota kediri. Dengan timbulnya rasa tersebut pada nasabah maka di harapkan nasabah akan lebih mempercayakan dananya kepada BMT sidogiri kota Kediri


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/EI-14/005
1431005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/EI-14/005
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xiv, 110 hlm.; bibl.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS EI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1
Subjek
BMT
Strategi pemasaran
Kepercayaan Nasabah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Strategi Pemasaran, BMT, Kepercayaan Nasabah
  • Strategi Pemasaran, BMT, Kepercayaan Nasabah
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • Daftar Pustaka
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?