Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an (surat al-Ma'un) dengan metode sorogan siswa kelas IVB SDI Kota Blitar tahun ajaran 2013/2014 / Mawahibusshomad
Penanda Bagikan

Text

Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an (surat al-Ma'un) dengan metode sorogan siswa kelas IVB SDI Kota Blitar tahun ajaran 2013/2014 / Mawahibusshomad

Mawahibusshomad - Nama Orang;

MAWAHIBUSSHOMAD, Dosen Pembimbing WAHIDUL ANAM, M. Ag dan ZAINAL FANANI, M.Pd.I.: Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Surat Al-Ma’un) Dengan Metode Sorogan Siswa Kelas IV B SDI Kota Blitar Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran membaca al-Qur’an di SDI Kota Blitar khususnya kelas IV B, yaitu banyak siswa yang kurang mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Setelah diadakan beberapa kali evaluasi hasil belajar siswa, ditemukan fakta bahwa tidak lebih dari 50% dari jumlah keseluruhan siswa yang berhasil mencapai nilai rata-rata 75 sesuai dengan KKM SDI Kota Blitar. Permasalahan tersebut di sebabkan karena guru terlalu dominan dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan tidak memperhatikan secara individu perkembangan bacaan siswa. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah metode alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas, yakni metode sorogan.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Bagaimana penerapan metode sorogan pada siswa kelas IV B SDI kota Blitar? dan 2. Apakah metode sorogan dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas IV B SDI kota Blitar?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan menggunakan konsep siklusnya Kurt Lewin. Adapun setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode sorogan pada pembelajaran membaca al-Qur’an surat al-Ma’un di Kelas IV B SDI Kota Blitar dilakukan dengan cara guru mendemostrasikan bacaan surat al-Ma’un pada siswa. Setelah itu para siswa membaca secara bersamaan dan dilanjutkan membaca secara individu maupun kelompok di hadapan guru guna dilakukan pembenaran dan pengarahan secara intensif. Proses pembelajaran juga dilakukan dengan guru membentuk kelompok diskusi serta melakukan proses diskusi dan Tanya jawab sehingga siswa lebih aktif untuk melakukan proses pembelajaran. 2) Peningkatan kemampuan membaca al-Qur'an siswa kelas Kelas IV B SDI Kota Blitar setelah menggunakan metode sorogan dapat dilihat dari hasil kemampuan membaca siswa, dimana pada pra siklus hanya 23,5% siswa yang dinyatakan tuntas atau berhasil, kemudian meningkat menjadi 30% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 73,3%, hingga pada siklus III sudah mencapai 86,7%. Peningkatan juga bisa dilihat dari keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I 26,7% siswa, siklus II 76,7% siswa dan di siklus III sudah mencapai 86,7% siswa. Ini menunjukkan keaktifan belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS GPAI-14 010
1425010
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS GPAI-14 010
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xii; 84 hlm.; bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS GPAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet. 1
Subjek
Metode Sorogan
GPAI-14
kemampuan membaca al-Qur'an
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • Daftar Pustaka
  • lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?