Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa kelas VII-i di SMP Negeri 7 Kediri tahun 2007 / Irma Shofiani
Penanda Bagikan

Text

Penerapan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa kelas VII-i di SMP Negeri 7 Kediri tahun 2007 / Irma Shofiani

Irma Shofiani - Nama Orang;

IRMA SHOFIANI, Dosen Pembimbing Dr. Mu’awanah, M.Pd dan Wahidul Anam, M. Ag: Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Siswa Kelas VII-I Di SMP Negeri 7 Kediri Tahun 2014, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2005.

Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual (Nyata), Metode Inkuiri (Penemuan), Pendidikan Agama Islam (Aspek Fiqih), Kreativitas, Pemahaman

Tingkat kreativitas dan pemahaman setiap siswa berbeda-beda. Pendekatan kontekstual bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kreativitas dalam menghasilkan suatu gagasan. Pendekatan kontekstual juga bertujuan membentuk pemahaman siswa yang berupa explaratory understanding. Pemahaman yang selalu dibentuk dengan mendengarkan ceramah dari guru berupa explanatory understanding dirasa sangat membosankan bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa kelas VII-I di SMP Negeri 7 Kediri? 2) Bagaimana peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa kelas VII-I di SMP Negeri 7 Kediri melalui pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa kelas VII-I di SMP Negeri 7 Kediri, 2) peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa kelas VII-I di SMP Negeri 7 kediri melalui pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif. Dan dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) pengukuran tes hasil belajar; dan (3) dokumentasi. Analisis data hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian penerapan pendekatan kontekstual pada siklus I metode inkuiri dilaksanakan secara individu dan kelompok. Pada siklus II lebih menekankan metode inkuiri secara individu dengan memberi variasi tugas. Begitu pula siklus III. Peningkatan jumlah nilai rata-rata kreativitas yang semula dalam pre test sebesar 1 meningkat sebesar 1,2 atau sebesar 20 % pada siklus I. Pada siklus II, meningkat 1,6 atau sebesar 60 %. Sedangkan pada siklus III, semakin meningkat menjadi 1,8 atau sebesar 80 %. Perbandingan peningkatan siklus II dibandingkan siklus I meningkat sebesar 33 %, sedangkan peningkatan pada siklus III dibandingkan siklus siklus II sebesar 12,5 %, dan jika dibandingkan siklus I meningkat sebesar 50 %. Sedangkan jumlah nilai rata-rata peningkatan pemahaman siswa yang semula dalam pre test sebesar 1 meningkat menjadi 1,25 atau sebesar 25 % pada siklus I. Pada siklus II, meningkat menjadi 1,5 atau sebesar 50 %. Pada siklus III, meningkat menjadi 1,75 atau sebesar 75 %. Perbandingan peningkatan siklus II dibandingkan siklus I meningkat menjadi 20 %, sedangkan peningkatan pada siklus III dibandingkan siklus II meningkat sebesar 16 %, dan jika dibandingkan siklus I meningkat sebesar 40 %.
Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat mengambil manfaat sebagai bekal dalam mengajar di antaranya penerapan metode yang mengantarkan siswanya untuk memiliki kreativitas dalam mengembangkan gagasan dan juga siswa yang memiliki pemahaman berupa explaratory understanding. Peneliti juga memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI, untuk merealisasikan pelaksanaan kurikulum 2013, guru harus secara konsisten menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode inkuiri dalam materi yang sesuai


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-14 021
1421021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-14 021
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xvii; 128 hlm.; bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet. 1
Subjek
Pemahaman
PAI-14
pendekatan kontekstual (nyata)
metode inkuiri (penemuan)
PAI (aspek fiqh)
kreativitas
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • Abstract
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • Daftar Pustaka
  • lampiran
  • lampiran 1
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?