Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan pendekatan konstruktivistik dengan menggunakan metode problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X-2 di MAN Kandat Kediri / Febrina Eva Wulandari
Penanda Bagikan

Text

Penerapan pendekatan konstruktivistik dengan menggunakan metode problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X-2 di MAN Kandat Kediri / Febrina Eva Wulandari

Febrina Eva Wulandari - Nama Orang;

FEBRINA EVA WULANDARI , Dosen Pembimbing Dr. MU’AWANAH M.Pd. dan WAHIDUL ANAM, M.Ag. : Pendekatan Kontruktivistik dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X-2 di MAN KANDAT

Kata kunci: Pendekatan Konstruktivistik, Problem Based Learning, Pembelajaran Aqidah Akhlak

Selama ini pelaksanaan pendidikan agama yang berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan. Kegagalan ini disebabkan karena praktik pendidikannya hanya memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai (agama), dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai -nilai ajaran agama. Akibatnya terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan pengamalan. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada kerangka kerja teoretik konstruktivisme. Dalam model problem based learning, fokus pembelajaran ada pada masalah yang dipilih sehingga siswa tidak saja mempelajari konsep -konsep yang berhubungan dengan masalah tetapi juga metode ilmiah untuk memecahkan masalah tersebut.
Rumusan permasalahnnya yaitu, bagaimanakah penerapan pendekatan konstruktivistik dengan problem based learning, apakah penerapan pendekatan konstruktivistik dengan problem based learning mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak? Penelitian ini dilaksanakan di MAN KANDAT KEDIRI. Dengan desain tindakan kelas (Classroom Action Research). Yaitu penelitian yang melalui tahapan-tahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian tindakan ini dibagi menjadi III siklus dengan II kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik-teknik pegumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) interview; dan (3) dokumentasi. Prosedur analisis data yakni, data yang diperoleh melalui tindakan dianalisis, data yang bersifat kualitatif seperti observasi, interview dan dokumentasi ( latar belakang sekolah, profil sekolah). Data yang didapatkan melalui dokumentasi yang berupa angka atau data kuantitatif (pretest, siklus I, siklus II dan siklus III) menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dengan problem based learning mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN KANDAT KEDIRI. Peningkatan dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam klarifikasi istilah dan konsep yang belum jelas, merumuskan masalah, dan menganalisa masalah, menata gagasan, memformulasikan tujuan pembelajaran dan mencari informasi tambahan dari sumber lain. Selain itu dari data kuantitatif yakni dengan meningkatnya nilai ujian dari pada saat pretest, siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah nilai rata-rata pada pelaksanaan pretest adalah 73,38, kemudian setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata meningkat menjadi 79,08. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 81,47 dan pada siklus III meningkat menjadi 84,55 dengan ketuntasan mencapai 100%.
Dari hasil penelitian tindakan ini peneliti memberikan saran sebagai pertimbangan. Perkembangan pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan guna meningkatkan kegiatan-kegiatan belajar mengajar, untuk dapat mengembangkan kemampuan memecahkan masalah siswa memerlukan banyak latihan, guru memerlukan pendekatan untuk memberikan motivasi terhadap setiap siswa agar dalam pelaksnaannya siswa dapat memahami instruksi guru dan terbentuk rasa percaya diri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-14 010
1421010
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-14 010
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2014
Deskripsi Fisik
xviii; 124 hlm.; bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cet. 1
Subjek
Problem Based Learning
PAI-14
pendekatan konstruktivistik
pembelajaran aqidah akhlak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • Abstract
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • BAB VI
  • lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?