Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan metode group discuss untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XB Madrasah Aliyah AlFatah Badas tahun pelajaran 2011/2012
Penanda Bagikan

Text

Penerapan metode group discuss untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XB Madrasah Aliyah AlFatah Badas tahun pelajaran 2011/2012

Dwi Agustiyani - Nama Orang;

DWI AGUSTIYANI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois, MA., dan Saifullah, M.Ag: PENERAPAN METODE GROUP DISCUSS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ KELAS XB MA AL-FATAH BADAS TAHUN PELAJARAN 2011-2012.

Kata kunci: Group Discuss, Prestasi Belajar, Pelajaran Aqidah Akhlak

Sekolah merupakan salah satu wadah untuk mencapai prestasi, peran yang cukup penting adalah pola pengajaran yang dilakukan oleh orang tua dan guru. Guru memiliki posisi kedua setelah orang tua, maka guru harus faham bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak didiknya supaya anak didiknya bisa maksimal dalam proses belajarnya. Dan metode guru yang digunakan diupayakan harus sesui dengan keadaan anak didik. Salah satu metode pengajaran anak dalam kelas untuk aktif adalah metode diskusi / group discuss. Diharapkan agar anak didik bisa semakin bersemangat dalam belajar dan meningkat prestasinya. Penelitian ini difokuskn pada: 1) Mengetahui apakah penerapan metode Group Discuss dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah. 2) untuk mengetahui prestasi apa yang didapat siswa setelah menerapkan metode Group Discuss pada mata pelajaran aqidah akhlaq kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan penerapan metode group discuss dalam meningkatkan prestasi siswa. 2) serta mendeskripsikan prestasi yang dicapai setelah penerapan metode group discuss pada siswa kelas XB MA. Al-Fatah Badas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian disusun dalam satuan siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru Aqidah Akhlaq. Penelitian tiga siklus secara berdaur ulang meliputi: 1. Perencanaan 2. Tindakan 3. Observasi 4. Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah Badas yang berjumalah 24 siswa. alat pengumpul data meliputi, observasi, tes, dan diskusi. Pembelajaran dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut: 1) Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok. 2) Guru membagikan soal. 3) Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan didiskusikan. 4) Guru memberikan pertanyaan masing-masing kelompok. 5) Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi 6) Para siswa diberi kesempatan mempresentasikan materi dan menyampaikan jawaban dari soal yang telah ditentukan guru ditiap-tiap kelompok.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XB Madrasah Aliyah Al-Fatah Badas Tahun Ajaran 2011-2012. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil tes yang dilakukan, yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa selalu mengalami peningkatan tiap siklusnya. 1) Siklus I prestasi belajar adalah 65% terdapat 9 siswa yang tidak tuntas, 2) siklus II prestasi belajar meningkat 83% terdapat 4 siswa yang tidak tuntas, dan 3) siklus III menjadi 100% semua siswa tuntas dalam belajarnya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-12 033
1221033
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-12 033
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2012
Deskripsi Fisik
xv, 95 hlm.; bibl.: 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Agama Islam
PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?