Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi stragei pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 tahun 2011/ Moh. Syafi'il Anam
Penanda Bagikan

Text

Implementasi stragei pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 tahun 2011/ Moh. Syafi'il Anam

SYAFI'IL, Anam - Nama Orang;

MOH. SYAFI’IL ANAM, Dosen Pembimbing Dra. MU’AWANAH, M.Pd dan ILHAM TOHARI, SH, M.HI: Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching And Learning Dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 Tahun 2011, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.

Kata kunci: Implementasi, Strategi Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL), Soft Skills.

Pengembangan soft skills merupakan kebutuhan yang penting dalam dunia pendidikan. Soft skills ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik dan bernilai melalui proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Salah satu upaya yang tepat bagi pendidik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) Dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa di MAN Kota Kediri 3. Dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3 adalah: Pertama, Dilakukan dengan bentuk atau kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Kedua, Pengembangan soft skill siswa di integrasikan disetiap mata pelajaran. Ketiga, Strategi pembelajaran kontekstual dapat mengembangkan soft skills siswa, meliputi: Kemandirian, Kepemimpinan, kedisiplinan, Ketrampilan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, Kerjasama, Kreativitas dan pengembangan diri, motivasi dan kemauan belajar, dan berpikir kritis. 2) Faktor pendukung dari implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3 adalah sumber daya manusia (SDM) dari pendidik yang mumpuni, tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap berbasis teknologi, input siswa yang berkualitas, adanya bentuk-bentuk pelatihan bagi peningkatan kualitas tenaga pendidik, adanya kegiatan pengembangan diri bagi siswa-siswi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya sebagian tenaga pendidik yang masih memakai pola pembelajaran konvensional, waktu pembelajaran yang kurang, masalah biaya (pendanaan), adanya muatan kurikulum yang masih menekankan pada hasil atau nilai bukan berorientasi pada proses pembelajaran, adanya sebagian guru yang kurang memahami dalam penerapan konsepsi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dan pengintegrasian soft skills dalam pembelajaran.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri Belum memasukkan lokasi
1121021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2011
Deskripsi Fisik
xvi, 117 hlm., ilus., bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-11
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PAI
21
Implementasi
Soft Skills
Strategi Pembelajaran kontekstual atau Contextual
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?