Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Studi Korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI  dengan prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri/ Recy Fatihatur Risqi
Penanda Bagikan

Text

Studi Korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI dengan prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri/ Recy Fatihatur Risqi

RIZQY, Recy Fatihatur - Nama Orang;

RECY FATIHATUR RIZQI, Dosen Pembimbing IMRON MUZAKKI, M. Psi dan NINIK ZURAIDAH, M.Si: Studi Korelasi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Menjelaskan Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.

Kata kunci: Persepsi siswa, keterampilan menjelaskan guru, prestasi belajar

Persepsi siswa atau penilaian siswa terhadap keterampilan menjelaskan guru adalah hal yang sangat penting, karena hal itu dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Sebagai pengajar atau pendidik, seorang guru harus membantu perkembangan anak didik untuk dapat menerima, memahami, serta menguasai ilmu pengetahuan. Guru sebagai salah satu pemegang utama dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Keberhasilan pendidikan dapat diukur dengan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru di dalam kelas. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki keterampilan menjelaskan dengan baik. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya keterampilan menjelaskan guru terhadap keberhasilan siswa,karena sebagian besar pembicaraan guru di ruang kelas adalah penjelasan-penjelasan bahan pelajaran yang diberikan kepada siswa. Maka bagaimana siswa mempersepsi atau menilai keterampilan menjelaskan guru akan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Permasalahan yang akan diangkat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri? 2) Bagaimana prestasi belajar bidang studi PAI siswa di SMP Negeri 2 Papar Kediri? 3) Adakah korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI terhadap prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk deskriptif korelasional. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Papar Kediri yang berjumlah 325, menggunakan sampel yang diambil secara simple random sampling sebanyak 175 siswa. Teknik pengumpul datanya dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedoman dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus ”Kendall Tau”. Untuk uji signifikannya menggunakan rumus z.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri tergolong baik dengan rata-rata 222,01. 2) Prestasi belajar bidang studi PAI siswa di SMP Negeri 2 Papar Kediri tergolong baik dengan rata-rata 82,45. 3) Ada korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI terhadap prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri yaitu ditunjukkan dari hasil perhitungan statistik yang menunjukkan nilai “r” sebesar 0,263,dan uji signifikansi pada taraf kesalahan 5% dengan menggunakan rumus uji “z” di peroleh zhitung sebesar 5,16, sedangkan ztabel sebesar 1,96. Jadi zhitung > ztabel. Jadi hipotesis kerja (Ha) di terima dan hipotesis nihil (Ho) di tolak. Korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI terhadap prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri sebesar 6,91%.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS/PAI-11/010
1121010
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS/PAI-11/010
Penerbit
Kediri : STAIN KEDIRI., 2011
Deskripsi Fisik
xiv, 96 hlm., ilus., bibl.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-11
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Prestasi belajar
PAI
Persepsi siswa
21
ketrampilan menjelaskan guru
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?