Detail Cantuman Kembali

XML

Implementasi Makna Hadis tentang Syukur dalam Kegiatan Kenduri Durian (Ken-Duren) Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang


Dalam kehidupan beragama pastinya setiap individu maupun kelompok mempunyai pedoman dan panutan untuk berkehidupan sesuai nilai dan norma agama. agama Islam terdapat rumusan-rumusan nilai dan norma dalam berkchedupan yaitu al-Qur'an dan hadis. Pemahaman dan pengaplikasian setiap masyarakat tentunya berbeda tergantung dengan kondisi lingkungan ataupun latar belakang masyarakat tersebut. Seperti halnya Kenduri Durian (Ken-Duren) yang dilakukan atas dasar rasa syukur kepada Allah atas hasil panen yang melimpah. Penelitian ini dimaksudkan untuk 1). Memahami praktik kegiatan Ken-Duren Wonosalam, 2). Mengetahui pemahaman masyarakat terkait hadis tentang syukur. 3). Mengetahui masyarakat mengaplikasikan hadis tentang syukur terhadap kegiatan Ken-Duren Wonosalam.

Populasi penelitian ini yaitu para tokoh masyarakat di kecamatan Wonosalam. Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni pendekatan dan penelitian ilmiah dalam meneliti masyarakat dalam mengaplikasikan hadis tentang syukur terhadap kegiatan Ken Duren yang bersifat objektif, perasaan, ide-ide, emosi, pengalaman, dan sebagainya dari seseorang yang diungkapkan dalam tindakan luar, yaitu perkataan dan perbuatan. Pengmpulan data dengan teknik wawancara terhadap tokoh-tokoh masyarakat Wonosalam dan juga sebagian panitia Kenduri Durian (Ken-Duren). Dalam wawancara penulis menyusun terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada respondens, namun susunan pertanyaan tersebut digunakan untuk

menuntun arah wawancara bukan untuk mendikte wawancara tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1). Kegiatan Ken-Duren adalah cara masyarakat Wonosalam dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. yang telah memberi nikmat berupa hasil panen buah durian yang melimpah. 2). Masyarakat Wonosalam memahami hadis tentang syukur sebagai tuntunan Nabi kepada umatnya untuk bersyukur apabila mendapat kesenangan atau nikmat dari Allah SWT. 3). Kegiatan Ken-Duren adalah salah satu bentuk implementasi dari hadis tentang syukur yaitu apabila mendapat kesenangan maka bersyuur da apabila menimpa musibah maka hendaknya bersabar.
Ed. 1, cet. 1
KS IH-19 001
933200414
KS IH-19
Text
Indonesia
IAIN Kediri
2019
Kediri
xiv, 62 hlm., 29 cm
A-
LOADING LIST...
LOADING LIST...