Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMAN 2 KEDIRI


Keberhasilan pendidikan selain didukung dengan sistem pendidikan yang baik, faktor penting lainnya yaitu budaya membaca. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan budaya membaca adalah dengan menggalakkan kebijakan Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 2 Kediri; 2) Bentuk Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 2 Kediri; 3) Faktor yang mempengaruhi Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 2 Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kediri. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Tim Sekolah Rujukan, Tim Literasi Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, Kepala Perpustakaan, dan Siswa. Analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 2 Kediri terlaksana melalui dua tahapan:a) Tahap pembiasaan berupa kegiatan membaca 15 menit;b) Tahap pengembangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia disertai dengan tagihan laporan pra baca, laporan harian kegiatan membaca, dan rekaman tertulis kegiatan membaca. 2) Bentuk Gerakan Literasi Sekolah yang dikembangkan SMAN 2 Kediri berupa beberapa perlombaan sertakegiatan bedah buku dan bazar buku. 3) Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terdapat pada komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.
Santi Dwi Efianti - Personal Name
Ed. 1, cet. 1
KS PAI-18 403
KS PAI-18
Text
Indonesia
IAIN Kediri
2018
IAIN Kediri
xiv, 122 hlm., 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...