Detail Cantuman Kembali

XML

Motivasi para pengamal Dzukrul Ghofilin setiap malam Ju'at Kliwon di makam Aulia desa Tambak Ngadi kecamatan MOjo Kabupaten Kediri/ Mujianto


MUJIANTO, Dosen pembimbing Drs. H. MUNDIR THOHIR M.Ag dan Drs.M. QOMARUL HUDA, Fil.l.: Motivasi Para Pengamal Dalam Mengikuti Dzikrul Ghofilin Setiap Malem Jum’at Kliwon Di Makam Aulia Desa Tambak Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Perbandingan Agama, Ushuluddin, STAIN Kediri, 2011.

Kata Kunci : Motivasi, Para Pengamal, Dzikrul Ghofilin.

Dalam melakukan kegiatan seseorang tidak akan lepas dari dorongan yang kuat untuk melakukannya, misalnya melakukan Dzikrul Ghofilin. Setiap melakukan amalan pasti mengandung dorongan dari dalam maupun dari luar untuk selalu menyemangati hidup. Dan semangat tersebut adalah motivasi seseorang. Seseorang jika tidak memiliki motivasi ia akan kehilangan semangat dan bisa saja tidak ada lagi harapan. Maka motivasi tersebut sangat penting.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengapa Motivasi Dzikrul Ghofilin setiap Malam jum’at Kliwon di Kompleks Makam Aulia Desa Ngadi ini tetap dilaksanakan oleh masyarakat. Masalah tersebut di uraikan dalam beberapa pertanyaan, berikut: 1) Bagaimana Latar Belakang Atau Sejarah Terbentuknya Majlis Dzikrul Ghofilin 2) Bagaimana Pelaksanaanya Dzikrul Ghofilin di Kompleks Makam Aulia Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kediri 3) Apa Motivasi Pengamal Dalam Mengikuti Dzikrul Ghofilin di Kompleks Makam Aulia Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kediri. penelitian ini bertujuan (1)Untuk Mengetahui Latar Belakang Atau Sejarah Terbentuknya Dzikrul Ghofilin.(2) Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Dzikrul Ghofilin Di Kompleks Makam Aulia Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kediri (3)Untuk Mengetahui Bagaimana Motivasi Pengamal Dan Manfaat Mengikuti Dzikrul Ghofilin Di Kompleks Makam Aulia Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kediri.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,wawancara dan dokomentasi
Hasil penelitian diperoleh bahwa latar belakang atau sejarah ritual Dzikrul Ghofilin di ciptakan oleh seorang tokoh yaitu KH. Khamim jazuli atau yang lebihdikenal dengan Gus Miek. Prosesi pelaksanaan ritual Dzikrul Ghofilin dimulai dengan pembacaan tawasul dan doa Al-fatihah hingga tahap yang paling akhir yaitu pembacaan doa dan penutup. Motivasi para jama’ah di antaranya untuk mendekatkan diri kepada Allah, mengikuti diri sendiri, menambah amal ibadah,mencari ketenangan batin, memperoleh karunia Allah, mempererat ukhuwah Islamiyyah, memperbaiki akhlaq, memantapkan iman.
Hasil penelitian ini di harapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak. Sehingga pelaksanaan ritual Dzikrul Ghofilin ini dapat terus berjalan dan berkembang seiring dengan berkembanganya zaman. karena betapa besar fungsi dan manfaat pelaksanaan ritual ini dalam kehidupan masyarakat, selama ritual tersebut tidak menyimpang atau bertentangan dengan ajaran agama yang benar.

MUJIANTO - Personal Name
KS/PA-11/002
KS/PA-11/002
Text
Indonesia
STAIN KEDIRI
2011
Kediri
xiv, 96 hlm., ilus., bibl.; 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...