Text
Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Menjadi Donatur di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) Jombang
Keputusan konsumen untuk menjadi donatur di Lembaga Amil Zakat yang diinginkan adalah suatu keputusan dimana donatur melakukan pertimbanganpertimbangan. Pertimbangan tersebut didasari oleh banyak aspek, baik aspek rasional mupun aspek emosional. Secara rasional, donatur percaya bahwa merek tertentu dapat memberikan jaminan kualitas. Secara emosional, merek tersebut mampu menjaga atau meningkatkan citra di mata publik. Citra merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki seseorang. Citra merek yang baik di benak masyarakat berpengaruh pada keputusan menjadi donatur.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek tehadap keputusan menjadi donatur di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng. Populasi dalam penelitian ini adalah 3610 donatur rutin Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT). Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel Isaac dan Michael yaitu sebanyak 317 donatur rutin. Pengambilan jumlah sampel ditentukan dengan random sampling dan menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, citra merek (X) dan keputusan donatur (Y) berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji deskriptif yaitu variabel citra merek (X) menunjukkan nilai mean 40,89, median 40,00. Pada variabel keputusan donatur (Y) nilai mean 40,50, median 40,00. Nilai skweness variabel citra merek adalah 0,225 dan variabel keputusan donatur 0,233 jadi kecondongan data simetris atau berdistribusi normal. Dari hasil uji simultan diketahui nilai sig 0,000 yang berarti nilai sig 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa secara bersamasama variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan donatur secara signifikan. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi linier sederhana menghasilkan model persamaan Y = 15,793 + 0,604X dan berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai R2sebesar 0,342. Artinya variabel citra merek mampu mempengaruhi keputusan menjadi donatur sebesar 34,2%. Sedangkan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas atau diteliti dalam penelitian ini. Seperti kualitas, harga, promosi, kesadaran merek, kepribadian merek, dan popularitas. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh citra merek Tebuireng terhadap keputusan menjadi donatur di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT).
Tidak tersedia versi lain