Text
Analisis Pelayanan Rumah Sakit Umum Lirboyo Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam
Pelayanan adalah pemberian pelayanan (melayani) yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan dan keperluan penerima pelayanan atau yang sesungguhnya diharapkan oleh masyarakat. Pelayanan yang baik dan berkualitas mempunyai peran penting pada kemajuan perusahaan khususnya lembaga kesehatan atau rumah sakit. Terciptanya kualitas layanan tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan dan pasien kembali datang untuk berobat ketika sakit. Islam menganjurkan untuk senantiasa tolong-menolong dalam hal kebaikan serta memberikan pelayanan yang berkualitas. Sehingga dalam suatu pelayanan dibutuhkan etika bisnis islam yang akan memberikan pandangan positif terhadap RSU Lirboyo Kediri yang notabennya rumah sakit yang bernaung dibawah pondok pesantren. Terdapat lima ketentuan umum dalam Etika Bisnis Islam yaitu: Ketuhanan, keseimbangan, kebebasan, pertanggungjawaban, ihsan yang didalamnya didasarkan pada nilai-nilai islami dalam melayani yaitu jujur, bertanggung jawab dan terpercaya (amanah), murah hati dan rendah hati, tidak meluapakan akhirat sebagai kunci keberhasilan serta kesuksesan suatu perusahaan dalam memberikan pelayanan. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi pelayanan di RSU Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana pelayanan di RSU Lirboyo Kediri ditinjau dari etika bisnis islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik ketekunan pengamatan, member check, dan triangulasi. Tahap akhir yang dilakukan yaitu analisis data dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah 1) pelayanan yang diberikan oleh pihak RSU Lirboyo Kediri kepada pasien dari segi dimensi pelayanan yaitu kehandalan, daya tangkap, jaminan, empati dan bukti langsung sudah cukup baik namun ada beberapa yang masih perlu diperhatikan yaitu keramahan, kebersihan, dan sarana prasarana. 2) RSU Lirboyo Kediri sudah berusaha menjalankan etika bisnis islam yang berupa jujur, bertanggungjawab dan amanah, tidak menipu, murah hati, tidak melupakan akhirat dan meliputi pelayanan dengan nilai-nilai islami yang didasarkan dengan keyakinan, keimanan, kecerdasan, dan keamanahan sehingga dengan pelayanan islami ini setiap aktivitas pelayanan tidak hanya bersifat duniawi saja namun dikaitkan dengan hal yang bersifat ukhrowi yaitu ibadah, seperti halnya motto RSU Lirboyo Kediri yaitu Layananku Ibadahku.
Tidak tersedia versi lain