Text
Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung : Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiyyah Kapurejo Kediri
Harga suatu barang atau jasa merupakan salah satu faktor penentu bagi konsumen dalam menentukan produk yang akan digunakannya. Oleh karena itu harga sangat berpengaruh terhadap sebuah keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Konsumen akan selalu memilah produk mana yang dapat memenuhi kebutuhannya dengan biaya pengeluaran yang seminim mungkin. Pada umumnya konsumen akan memilih produk yang memiliki harga sebanding dengan manfaat yang diterima. Bila sebuah produk memiliki harga yang sebanding dengan manfaat yang diberikan, maka konsumen dapat segera memutuskan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap pembelian Smartphone Samsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan skunder diperoleh dari dokumentasi yang telah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren Salafiyyah Kapurejo Kediri yang menggunakan Smartphone Samsung sebanyak 109 santri. Sehingga sampel yang di gunakan dalam penelitian ini total sampling yaitu diaman jumlah sampel sama dengan populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga smartphone samsung menunujukkan kelas interval dalam kriteria murah yaitu dengan hasil 100%. (2) keputusan pembelian smartphone samsung menunjukkan kelas interval dalam kriteria baik yaitu dengan hasil 100%. (3) nilai korelasi antara harga dengan keputusan pembelian Smartphone Samsung oleh santri pondok pesantren Salafiyyah Kapurejo Kediri sebesar 0,576 mempunyai makna hubungan antara harga terhadap keputusan pembelian termasuk dalam criteria kuat. Analisis regresi menunjukkan hasil Y=13,790 + 0,561x, yang berarti jika variabel harga naik satu satuan maka tingkat tingkat keputusan pembelian akan naik sebesar 0,561. Nilai R Square adalah 0,332, R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 33% keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga dan 67% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini, diantaranya: Merek, kualitas, dan fasilitas.
Tidak tersedia versi lain