Text
Peranan Strategi Fokus Dalam Mempertahankan Eksistensi Home Industry Sapu Ijuk : Studi Kasus Masyarakat Muslim di Desa Banjarsari Kulon Kec Dagangan Kab Madiun
Strategi merupakan suatu tolak ukur bagi setiap perusahaan guna mencapai target yang diharapkan, dalam persaingan tidak luput dari penggunaan strategi, seperti yang dikemukakan oleh Michael Porter bahwa dalam strategi bersaing terdapat tiga kompenen yaitu: strategi keunggulan biaya, strategi diferensiasi dan strategi fokus. Home industry di desa banjarsari kulon merupakan suatu home industry yang memproduksi sapu ijuk, home industry ini menggunakan startegi yang hampir kebanyakan home industry menerapkannya, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Akan tetapi keberadaan home industry kian tahun semakin meredup. Namun dalam kurun waktu 4 tahun terakhir home industry mengunakan strategi fokus guna untuk mempertahankan eksistensinya. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi fokus di Home industry sapu ijuk. 2) Bagaimana peranan strategi fokus dalam mempertahankan eksistensi Home industry sapu ijuk di masyarakat muslim desa banjarsari kulon kec dagangan kab madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai instrumen kunci, serta penelitian bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data penelitian. Kemudian melakukan teknik analisis data, analisisnya dilakukan dengan reduksi data, paparan dan sajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian, (1) Penerapan strategi fokus di Home industry sapu ijuk adalah sebagai berikut: (a) Produk, mempunyai macam-macam produk namun memiliki produk unggulan yaitu “Sapu ijuk jahitan”. (b) Harga, Menetapkan harga melihat dari segi biaya, dan permintaan. (c) Promosi, menggunakan sistem pengenalan produk secara langsung, dari mulut ke mulut. (d) Distribusi atau lokasi, menggunakan distribusi secara langsung dan tidak langsung. Dari keempat strategi tersebut Home industry memfokuskan pada produk dalam melakukan persaingan pasar. (2) Dengan menerapkan strategi fokus eksistensi home industry sapu ijuk bisa bertahan hingga sekarang dengan baik, hal ini terbukti bahwa semakin meningkatnya tingkat pengahsilan pada home industry sapu ijuk di setiap tahunnya.
Tidak tersedia versi lain