Text
Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Pembelian Produk Online Shop Ditinjau dari Konsumsi Dalam Islam : Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STAIN Kediri Angkatan Th 2014/2015
Online shop saat ini menjadi media baru bagi masyarakat untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah, kendaraan, serta tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Mahasiswa dan internet tidak bisa terlepaskan dalam penggunaannya, dan hal ini menciptakan mereka untuk melakukan konsumsi melalui online shop. Mahasiswa Ekonomi Syari’ah yang dikatagorikan belum produktif, konsumsi mereka dibatasi oleh pendapatan dari uang saku yang diberikan orang tua. Sedangkan dengan adanya online shop yang memberikan kemudahan membuat rasa ingin memenuhi kebutuhan bahkan keinginan akan terus muncul. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: a) Perilaku konsumsi mahasiswa dalam pembelian produk online shop pada mahasiswa Ekonomi Syari’ah STAIN Kediri Angkatan th 2014. b) Perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syari’ah STAIN Kediri dalam pembelian produk online shop ditinjau dari konsumsi dalam Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan guna menanyakan perilaku konsumsi mahasiswa dalam pembelian produk online shop, serta bagaimana perilaku konsumsi dalam Islam dikehidupan sehari-hari. Setelah itu data diperoleh dianalisis dengan cara menelaah seluruh data, kemudian disusun dalam satuan-satuan keabsahan data dengan ketekunan peneliti dan trigulasi.
Dalam penelitian ini temukan bahwa konsumsi mahasiswa Ekonomi Syari’ah lebih banyak dengan adanya online shop dibanding dulu sebelum adanya online shop, berbagai faktor pembelian melalui online shop mahasisiwa Ekonomi Syari’ah yaitu dimulai dari coba-coba, mengikuti teman, mengikuti tren saat ini, tampilan gambar/barang menarik, banyak diskon, harga murag, kebnutuhan, serta mudah cepat dan efisienjenis-jenis barang yang dikonsumsi melalui online shop yakni Pakaian, jilbab, tas, sepatu, jaket, make up, buku, dompet, gantungan kunci, asesoris HP, barang unik. Intensitas pembelian melalui online shop dalam kurun 1 bulan dilakukan minimal 1 x dalam satu bulan ada yang melakukan 2 x sebulan dan bahkan ada yang 3x sampai 4x. Mahasiswa Ekonomi Syari’ah belum dikatakan sesuai dengan konsumsi yang diajarkan oleh Islam secara sempurna karena beberapa mahasiswa Ekonomi Syari’ah masih terdapat mahasiswa yang perilaku konsumsinya termasuk Israf bahkan Tabzir.
Tidak tersedia versi lain