Text
Implementasi Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 1 Blitar
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Terlebih dalam meningkatkan motivasi belajar dalam dunia pendidikan. Misal, dalam mata pelajaran yang kurang mendapatkan perhatian seperti Pendidikan Agama Islam yang ditujukan sebagai upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama Islam, dan dilengkapi dengan tuntunan untuk menghormati kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan persatuan bangsa. Salah satunya dengan penerapan metode Quantum Teaching agar terhindar dari suasana kegiatan pembelajaran yang menjenuhkan, dan tentunya member prestasi belajar berupa ketrampilan hidup“life skill”. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut maka masalah yang ingin di teliti pada penelitian ini adalah Implementasi Metode Quantum Teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Blitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Metode Quantum Teaching dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Blitar dan mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode Quantum Teaching di SMKN 1 Blitar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan dengan teknik pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan yakni interview mendalam kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama islam, dan beberapa siswa SMKN 1 Blitar, observasi mengenai implementasi metode Quantum Teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Blitar. Dan dokumentasi mengenai dokumen-dokumen yang berkaitan tentang implementasi metode Quantum Teaching oleh guru.
Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian bahwa 1) penerapan Quantum Teaching tidak dijalankan secara keseluruhan, tetapi mengambil ide dari metode Quantum Teaching. Sedangkan dalam aplikasinya tergantung dari yang dikuasai guru dalam menerapkan pada pelajaran yang dipegangnya, sehingga perlu adanya kreatifitas dalam proses belajar mengajar. 2) Faktor-faktor yang mendukung adalah terdiri dari siswa yang cerdas dan penuh semangat dalam belajar, guru yang profesional, adanya tujuan yang jelas, serta lingkungan yang mendukung terhadap penerapan metode ini. Sedangkan factor penghambat yang dihadapi hanya terletak padasarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain