Text
Kritik sosial dalam iklan versi iklan rokok A-Mild "Tanya Kenapa?" "Siang dipendam malam balas dendam"/ Moh. Fathoni Lubis HS
MOH. FATHONI LUBIS HS, Dosen Pembimbing Drs. Muhammad Qomarul Huda, M. Fill. I dan M. Mu’tashim Billah, MA. : “KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN VERSI IKLAN ROKOK A-MILD “TANYA KENAPA?” “SIANG DIPENDAM MALAM BALAS DENDAM””, Komunikasi Islam, Ushuluddin, STAIN Kediri, 2011.
Kata Kunci : KRITIK SOSIAL, IKLAN ROKOK
Iklan rokok selalu mendapat perhatian lebih dibandingkan dengan iklan produk lain. Hal ini disebabkan karena iklan rokok dilarang untuk menampilkan produk rokok itu sendiri. Sehingga pembuat iklan harus mensiasati pembuatan iklan dengan ide-ide kreatif yang mampu menyajikan pesan yang bermutu.
Iklan rokok yang sering mendapatkan penghargaan karena ide-idenya yang kreatif adalah iklan dari produk rokok AMild. Ada beberapa iklan rokok A Mild sudah menjadi bahan kajian oleh insan periklanan. Beberapa iklan itu diantaranya adalah iklan A Mild versi Harusnya Gampang di Bikin Susah, A Mild versi Banjir Kok Jadi Tradisi, A Mild versi Jalan Pintas di Anggap Pantas. Peneliti mencoba memilih iklan A Mild versi Siang Dipendam Malam Balas Dendam karena terdapat makna pesan-pesan yang ditampilkan secara tersembunyi yaitu mengenai kritik sosial pada umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa.
Kesimpulan penelitian pada iklan rokok A Mild versi Siang Dipendam Malam Balas Dendam mengandung makna, bahwa umat Islam, khususnya yanag ada di Indonesia dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan terkean ada unsur keterpaksaan, dan juga berlebih-lebihan dalam menghidangkan makanan pada waktu malam harinya, atau ketika masuk waktu buka puasa. Itu bisa dilihat dari tanda yang terdapat pada iklan yaitu gambar hidangan yang sangat banyak, mewah, dan lezat yang dihidangkan di atas meja, dan juga kalimat yang terdapat pada tagline. Untuk relevansi isi iklan dengan produk a mild adalah, bahwa iklan ini berusaha menjaga image A-MILD yang sudah terbentuk sebelumnya, yaitu A-Mild mengusung brand bahwa dia adalah rokok yang cerdas dan kritis terhadap kondisi masyarakat, karena selalu mengangkat isu yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat maka produk a mild melalui iklanya lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat
Tidak tersedia versi lain